Ilustrasi (Foto: Getty Images)
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Ernest Prakasa Kritisi Tindakan Plagiarisme YouTube Calon Sarjana

Hiburan YouTuber
Cecylia Rura • 08 November 2019 10:39
Jakarta: Ernest Prakasa mengkritisi plagiarisme yang dilakukan akun YouTube Calon Sarjana dari Indonesia. Sebagai sesama kreator dan seniman, Ernest Prakasa tampak murka dengan akun yang terafiliasi dengan akun Infia dan Degalan itu.
 
"Seriusan YouTube Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan enggak bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot-nyomot konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu satu negara. Bangke amat," tulis Ernest, Kamis, 7 November 2019.
 
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Perkara ini berawal dari akun Twitter @JTonYouTube, pemilik akun YouTube JT yang mengunggah utas plagiarisme yang dilakukan akun YouTube Calon Sarjana terhadap konten besutannya. Akun tersebut menampakkan perbandingan jelas bahwa akun Calon Sarjana hanya menerjemahkan konten buatannya ke dalam bahasa Indonesia dan diunggah kembali.
 
Pihak Calon Sarjana telah mengunggah permohonan maaf langsung kepada pemilik akun YouTube JT. Mereka juga mengunggah utas permohonan maaf kepada seluruh subscribers YouTube Calon Sarjana.
 
"Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube "JT" @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan," bunyi permintaan maaf Calon Sarjana melalui akun Twitter, Kamis, 7 November 2019.
 
Namun, pemilik konten orisinal tampak masih murka karena dia menilai banyak konten video yang belum ditarik. Murka pemilik konten orisinal tak lepas dari kekuatan viral akum Calon Sarjana yang memiliki 12 juta subscribers. Sementara akun miliknya baru mencapai 400 ribuan subscribers.
 
"Masih ada lebih dari seratusan video curian. 12 jta subscribers, ok sobat," tulis @JTonYouTube.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif