Di Panggung Cannes, Asia Argento Ungkap Pengalaman Pahit Pelecehan Seksual
Asia Argento (kiri) (Foto: NBCNews)

Cannes: Asia Argento kembali angkat bicara soal aib Harvey Weinstein di industri perfilman. Dalam kata sambutannya, sineas asal Italia itu mengaku pernah diperkosa oleh Harvey ketika masih berusia 21 tahun.

"Saya ingin bercerita. Pada 1997, saya diperkosa oleh Harvey Weinstein di sini, di Cannes. Saat itu saya berusia 21 tahun," ungkap Argento saat berada di atas podium Cannes Film Festival, Minggu, 20 Mei 2018.

"Festival ini menjadi sarangnya untuk berburu," imbuhnya.



Dalam pidatonya, Argento juga mengutuk keras Weinstein yang tidak akan tenang selama hidupnya.

"Saya ingin membuat prediksi, Harvey Weinstein tidak akan pernah diterima di sini lagi. Dia akan hidup dalam keadaan hina, dijauhi komunitas film yang menaunginya dan menutup kejahatannya."

"Bahkan pada malam ini, ada mereka yang masih harus bertanggung jawab atas perilaku mereka terhadap perempuan, untuk perilaku yang tidak seharusnya berada di industri ini atau tempat kerja lain."

"Anda tahu siapa diri Anda, tapi yang terpenting, kami tahu siapa Anda dan kami tidak akan membiarkan Anda lolos begitu saja," bunyi pidato kuat sutradara bernama lengkap Aria Maria Vittoria Rossa Argento malam itu.

Pada Oktober 2017 lalu, Argento mengungkapkan dirinya sempat terlibat proyek film Scarlet Diva (2000) bersama Weinstein. Ia melakukan hubungan seksual konsensual dengan Weinstein beberapa kali selama lima tahun. Berawal pada 1997, ketika Argento diundang ke sebuah hotel oleh Weinstein dan memaksanya melakukan oral seks.

Kasus pelecehan seksual Harvey Weinstein mulai terkuak sejak Oktober 2017. Puluhan perempuan menuduh produser asal Amerika Serikat itu melakukan pelecehan, kekerasan seksual, hingga memperkosa.

 





(ASA)