Nomine FFI 2018 Diumumkan Malam Ini
FFI 2018 (Foto: dok. ffi)
Jakarta: Festival Film Indonesia telah menyelesaikan tahap seleksi nominasi untuk Piala Citra 2018. Komite festival akan mengumumkan daftar nomine seluruh kategori di Plaza Indonesia Jakarta pada Jumat malam ini, 9 November 2018.

Seleksi nominasi dilakukan oleh asosiasi profesi dan komunitas perfilman yang terdaftar. Proses berlangsung selama sebulan sejak Oktober, meliputi pengajuan calon nomine oleh setiap organisasi berdasarkan keputusan internal, serta tabulasi data oleh akuntan publik Deloitte.

Total ada 22 kategori seperti Piala Citra 2017. Film cerita panjang punya 18 kategori mulai dari akting hingga rancangan kostum. Empat kategori lain adalah terbaik untuk film dokumenter panjang dan pendek, film cerita pendek, serta film animasi pendek. Seperti tahun lalu, ada tiga prinsip utama dalam panduan seleksi, yaitu gagasan yang kuat dan jelas, pencapaian teknis dan artistik, serta aspek profesional produksi.


Piala Citra tahun ini punya aturan lebih ketat. Khusus untuk kategori film cerita panjang, film bisa diunggulkan atau layak nominasi jika sudah mengantongi Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) dan tayang kepada publik secara berbayar dalam periode 1 Oktober 2017 hingga 30 September 2018. Dalam gelaran sebelumnya, ihwal STLS relatif lebih longgar.

Menurut penelusuran Medcom.id, ada lebih kurang 130 judul film cerita panjang yang dirilis di bioskop dalam periode tersebut, mulai Jomlo (2017) hingga Aruna dan Lidahnya (2018).

Tahun ini juga pertama kalinya dalam sekian tahun FFI digelar oleh komite yang punya masa jabatan panjang. Badan Perfilman Indonesia membentuk komite periode 2018-2020 supaya festival bisa digelar berkelanjutan. Lukman Sardi menjadi ketua dengan anggota Catherine Keng, Edwin Nazir, Lasja F Susatyo, Nia Dinata, dan Coki Singgih.

Tahun lalu, Pengabdi Setan memboyong tujuh Piala Citra, termasuk pengarah sinematografi terbaik. Night Bus menang sebagai film terbaik dan lima kategori lain. Posesif mengantarkan Edwin dan Putri Marino sebagai sutradara dan pendatang baru terbaik.

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id