Junior Liem di film Cinta 5 Unsur (Foto: medcom/hendrik)
Junior Liem di film Cinta 5 Unsur (Foto: medcom/hendrik)

Bintangi Film Cinta 5 Unsur, Junior Liem Dapat Pelajaran Baru tentang Orang Tionghoa

Hendrik Simorangkir • 04 Juli 2022 14:47
Tangerang: Film Cinta 5 Unsur bergenre drama komedi yang diproduksi rumah produksi Lingkar Film memulai proses syuting perdananya di Klenteng Tjoeng Tek Bio di kawasan Wihara Maha Bodi, Neglasari, Kota Tangerang. Film yang dibintangi Liem dan Chilla Kiana itu mengangkat cerita tentang kebudayaan etnis Tionghoa Cina Benteng (Cibeng) Tangerang.
 
"Film bercerita tentang kehidupan Cibeng di wilayah Tangerang ini menarik untuk saya berani buat. Karena kehidupan mereka ini unik dan berbeda dari etnis Tiongkok lainnya. Mereka sudah sangat berbaur dengan warga etnis manapun, meski di sini banyak Cibeng berada dalam garis ekonomi yang sangat jauh di bawah," ujar Sutradara film Cinta 5 Unsur Hendra Marnoto, Senin, 4 Juli 2022.
 
Hendra menuturkan, melalui film ini akan banyak cerita tentang kultur masyarakat Indonesia yang coba dikemas dalam genre drama komedi. Menariknya, kata Hendra, sisi yang diangkat dari warga Cibeng ini tetap mempertahankan tradisi leluhurnya, walaupun sudah banyak kemajuan peradaban yang hadir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Agar tidak menjadi tontonan yang serius, maka film ini kita kemas dengan unsur komedi agar bisa mengena pada penontonnya," katanya.
 
Hendra berharap, dari film ini bisa menularkan sifat mau berinvestasi, lantaran kebanyakan warga etnis Tionghoa dikenal sebagai yang gemar berinvestasi sejak mereka muda. Dan itu, merupakan upaya dirinya kepada warga etnis Cibeng dan warga etnis lainnya.
 
"Dari film ini garis besarnya adalah bagaimana setiap orang harus berani berinvestasi sejak muda. Dan dengan film ini kita berharap generasi muda mau memulai berinvestasi dari sejak muda agar bisa sukses di masa tuanya," jelasnya.
 
Sementara, aktor Junior Liem yang berperan sebagai pemuda bernama Cibeng mengatakan, dirinya terlibat untuk bermain di film tersebut lantaran kisah hidupnya sebagai pria keturunan Tionghoa sangat related dengan alur yang akan dimainkannya.
 
"Kisah yang ada dalam film ini juga related sama saya sebagai orang keturunan Tionghoa. Dan saya memang berupaya menghidupkan karakter Cibeng ini agar bisa sesuai dengan karakter dan misi yang ingin disampaikan dalam filmnya," kata Junior.
 
Dalam proses syuting pada hari pertamanya, Junior mengaku takjub dengan budaya dan kebiasaan masyarakat Cibeng yang hidup rukun bersama suku lainnya.
 
"Ini hari pertama proses syuting yang memang menitikberatkan ceritanya pada kehidupan masyarakat Tionghoa yang tinggal di Tangerang atau Cibeng. Saya merasa kehidupan mereka di sini ternyata hidup rukun dan berdampingan dengan suku lainnya," ungkapnya.
 
Menurut Junior, dalam kebudayaan dan kebiasaan adat sehari-hari warga Cibeng dengan yang dialaminya sebagai terlahir dari etnis Tionghoa sangat berbeda sekali.
 
"Banyak perbedaan dari kebiasaan orang Tionghoa yang saya kenal selama ini, di mana mereka dalam bahasa dan gestur mereka sudah beda dengan etnis Tionghoa yang lain, mungkin lebih slengean dan bahasanya juga lebih ke nge-jeblak," jelasnya.
 
Junior menambahkan, bahkan dirinya pun butuh proses lama untuk mengetahui karakter dari warga Cibeng. Dirinya pun untuk mengetahui itu harus mengeksplor di media sosial.
 
"Saya pelajari dari media sosial seperti Youtube dengan mencoba mengekplore lagi bagaimana sih kebudayaan Cibeng di sini, dan kemudian coba visualin dalam karakter saya di film ini," ucap dia.
 
Selain Junior Liem, dalam film ini ada beberapa nama artis terkenal lainnya seperti Chilla Kiana, Cut Mini, Marcellino Lefrandt, dan Chika Waode.
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif