Rizal Mantovani (Foto: Medcom.id/Kumara)
Rizal Mantovani (Foto: Medcom.id/Kumara)

Cara Rizal Mantovani Menyegarkan Film Horor Lokal

Hiburan film indonesia
Kumara Anggita • 01 Juli 2019 18:19
Jakarta: Sutradara Rizal Mantovani menyegarkan film horor lokal dengan membawa sub-genre cabin in the woods (rumah kayu di tengah hutan) dalam film Kuntilanak 2. Menurutnya ini adalah konsep yang sudah sering diterapkan di perfilman luar namun jarang di Indonesia.
 
"Sesuatu yang kita sepakati adalah kita harus memberikan sesuatu yang baru pada para penonton. Saya cari, lalu kan horor banyak sub-genre. Ada rumah berhantu, thriller, exorcism dan lain-lain. Ternyata yang lumayan belum adalah sub-genre cabin in the woods atau rumah kayu di tengah hutan. Di luar sudah banyak orang mengambil orang datang ke hutan. Hutan belantara tiba-tiba ada satu rumah kecil dari kayu. Itu isinya apa. Siapa yang dtinggal di situ," katanya di Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.
 
Setalah berdiskusi dengan tim dan mencoba-coba akhirnya Rizal menemukan bagian dimana dia bisa memasukan konsep tersebut. Untungnya, semua berjalan mulus dan sukses menarik perhatian para penonton.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akhirnya kita mendapat cerita dengan sub genre ini. Dengan mengambil bagaimana seandainya si Dinda kecil belum tau ibunya siapa. Bagaimana kalau ibunya meminta dia untuk bertemu di rumahnya yang ditengah-tengah hutan itu. Masuklah genre itu dan selebihnya secara natural membuat sebuah cerita dengan lokasi setting cabin in the woods," ucapnya.
 
Selain menerapkan sub-genre itu, Rizal juga mengakali film ini dengan membuat alur cerita yang sederhana tapi memberi kesan seperti naik roller coaster.
 
"Satu yang harus kita buat adalah cerita ini tidak boleh ribet. Tidak boleh terlalu banyak plot atau sub-plot. Jadi penonton duduk dengan jelas bisa ngikutin," ujarnya.
 
"Karena ini film horor yang coba saya terapkan adalah bagaimana penonton itu seperti naik roller coaster. Naik diam lalu turunin. Dinaikin lagi lalu diturunin lagi. Itu yang ingin saya terapkan di film kuntilanak 2. Bersyukur si dapat sambutan baik," lanjutnya.
 
Antusiasme terhadap film Kuntilanak 2 besar. Setelah 27 hari tayang di bioskop, film ini telah disaksikan 1.726.516 penonton.
 


 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif