Timo Tjahjanto. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Timo Tjahjanto. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Misi Timo Tjahjanto di Balik Karakter Alfie Sebelum Iblis Menjemput 2

Hiburan Film Sebelum Iblis Menjemput 2
Cecylia Rura • 21 Februari 2020 23:19
Jakarta: Sutradara Timo Tjahjanto memiliki maksud di balik penguatan karakter Alfie yang diperankan Chelsea Islan. Terlepas dari rencana gebrakan horor era baru, Timo Tjahjanto ingin mengangkat martabat perempuan melalui filmnya.
 
"Bukannya ada apa-apa dengan karakter cowok, ya. Cuma karakter cewek mempunyai hal kompleks apalagi gue sebagai seorang laki-laki enggak 100 persen mengetahui psikologi perempuan itu kayak gimana," kata Timo Tjahjanto di XXI Senayan City Jakarta, Jumat, 21 Februari 2020.
 
Sejak awal pembentukan karakter Alfie tak digambarkan sempurna, seperti penggambaran perempuan di sinema pada umumnya. Dampak tekanan dari sejarah kehidupan Alfie (Sebelum Iblis Menjemput Ayat 1) dipaparkan melalui ekspresi kemarahan, gamang, stres, dan depresi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Alfie mendorong dirinya pada pribadi yang lebih ekstreme untuk bertahan di antara orang sekitarnya. Juga, ada pesan tersirat di balik karakter keras Alfie. Timo mencoba menampilkan sisi alter Chelsea Islan melalui karakter Alfie, selain tampil sebagai publik figure atau aktris yang kerap bermain film drama.
 
"Apalagi dengan seorang Chelsea yang biasanya kalau di dunia publik sangat terlihat gemulai dan feminin banget. Kita create dia sebagai karakter yang bisa dibilang ngomongnya (gaya berbicara) saja sudah --terkadang-- mulutnya sudah sampah. Gua suka itu karena karena dengan begitu terasa real bahwa dia punya sikap protektif terhadap adik tiri. Justru itu yang gua suka, kakak beradik tiri tapi mereka cuma punya satu sama lain," kata Timo.
 
Dalam film horor terdapat istilah final girl. Karakter ini umumnya muncul dalam film slasher sebagai satu-satunya tokoh yang hidup untuk menghadapi lawannya. Terkesan menjadi film kisahnya seorang.
 
"Gue selalu bilang, Chels, tahu istilah final girl kalau di horor, jadi cewek yang akan survive. Kalau misal ada film berikutnya bukan berarti lo bisa selamat," kata Timo.
 
Dalam Sebelum Iblis Menjemput pertama, Chelsea Islan tak sendiri. Ada karakter Maya yang diperankan Pevita Pearce juga menampakkan sisi berbeda. Pevita ditampakkan bengis dan berdarah-darah.
 
"Gua suka aktor-aktor yang kita kenal sebagai peran-peran drama kita tarik dalam dunia horor," kata Timo.
 
Kepahlawanan dalam cerita
 
Timo Tjahjanto berambisi memiliki tokoh utama perempuan dalam setiap filmnya, termasuk drama dan action. Selain karena nilai kompleksitas, Timo Tjahjanto menganggap pembentukan karkater itu sebagai hal menarik.
 
"Kalau gua bilang era barunya sebenarnya bukan cuma hero, maksudnya kecenderungan membuat karakter perempuan yang keren," kata Timo.
 
Terlepas dari percobaan era baru dunia horor, Timo Tjahjanto merasa karakter perempuan dalam film horor dapat dikembangkan dalam imajinasinya.
 
Ingin karakter perempuan itu, menurut opini gua seorang, karakter perempuan lebih enak, evolusinya bisa kerasa, lebih kompleks dan menarik," ungkapnya.
 
Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 menceritakan perjalanan baru Alfie dan Nara. Masih diburu iblis yang sama, kakak beradik tiri itu terlibat permasalahan sekumpulan anak muda yang bersinggungan dengan dunia iblis.
 
Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 masih menghadirkan Chelsea Islan dan Hadijah Shahab. Pemain baru dalam kisah sekuelnya melibatkan Baskara Mahendra, Widika Sidmore, Lutesha, Arya Vasco, Aurelie Moeremans, Karina Salim, dan Shareefa Danish.
 
Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 kembali disutradarai Timo Tjahjanto, diproduksi Frontier Pictures, Legacy Pictures, dan Rapi Films. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 tayang di bioskop 27 Februari 2020.
 

 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif