Potongan adegan film Ave Maryam. (Foto: YouTube/Ave Maryam Movie)
Potongan adegan film Ave Maryam. (Foto: YouTube/Ave Maryam Movie)

Film Ave Maryam Dipangkas 12 Menit dari Durasi Awal

Hiburan Film Ave Maryam
Cecylia Rura • 11 April 2019 18:40
Jakarta: Film Ave Maryam akhirnya diputar di bioskop Tanah Air. Mengambil tema universal tentang cinta, penulis, sutradara, sekaligus produser Ertanto Robby Soediskam mengambil latar cerita lingkungan umat Katolik yaitu kehidupan biarawati dan romo.
 
Ave Maryam menjadi hal baru di Indonesia sebab jarang sineas mengangkat film panjang yang berbalut nuansa agama Katolik, meski ini bukan film religi. Sayangnya, durasi film dipotong 12 menit ketika masuk layar bioskop Indonesia. Dalam laman resmi Jogja-NETPAC misalnya, film Ave Maryam tayang di bioskop Empire XXI Studio A dengan durasi 85 menit. Pada laman resmi jaringan bioskop XXI, film Ave Maryam berdurasi 73 menit dengan kategori usia penonton 17 tahun ke atas.
 
Film Ave Maryam Dipangkas 12 Menit dari Durasi Awal
(Foto: Screenshot film Ave Maryam di laman Jogja-NETPAC)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dalam laman resmi Lembaga Sensor Film Indonesia, film Ave Maryam terdaftar sejak 22 Januari 2019 dengan durasi 74 menit, kategori penonton usia 21 tahun ke atas untuk ditayangkan dalam Plaza Indonesia Film Festival 2019. Klasifikasi usia penonton berubah menjadi 17 tahun ke atas per 1 Maret 2019 dengan durasi 73 menit.
 

Film Ave Maryam Dipangkas 12 Menit dari Durasi Awal
(Foto: Screenshot film Ave Maryam di laman LSF)  
 
Potongan durasi ini tentu dengan banyak pertimbangan. Sebab, memang ada beberapa adegan yang dianggap terlalu vulgar dalam film. Jika pada penayangan Ave Maryam dalam Plaza Indonesia Film Festival mendapat klasifikasi 21 tahun ke atas, tentu penonton mendapat banyak insight tentang Ave Maryam yang lebih mengunggulkan pesan semiotika dibanding dialog.
 
Film Ave Maryam melakukan observasi dan syuting pada 2016. Syuting dimulai pada akhir November dan berlangsung selama sembilan hari. Produksi film ini dilakukan secara sukarela dan menjadi debut Ertanto Robby seteah lama vakum memproduksi film.
 
Semula, film ini diberi judul Salt is Leaving the Sea. Namun kemudian berganti menjadi Ave Maryam dan berkeliling di sejumlah film festival luar negeri. Sebelum ditayangkan secara komersil di Indonesia, pada 2018 film Ave Maryam tayang di Cape Town Film Festival, Hanoi Film Festival, Hong Kong Asian Film Festival, dan Jogja-NETPAC.
 
Film Ave Maryam tayang di bioskop Indonesia 11 April 2019.
 

 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif