Aris Nugraha di Jakarta Selatan, Selasa, 5 November 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Aris Nugraha di Jakarta Selatan, Selasa, 5 November 2019. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Sutradara Aris Nugraha Masih Enggan Pakai Artis Berwajah 'Komersial'

Hiburan film indonesia Film Bike Boyz
Cecylia Rura • 06 November 2019 16:32
Jakarta: Aris Nugraha menanamkan sejak awal tak ingin menggandeng aktor-aktor tenar dalam film besutannya. Kreator Bajaj Bajuri itu ingin mengunggulkan cerita film melalui latar belakang pemain.
 
"Karena saya jualan cerita, konsep. Waktu bikin Bajaj Bajuri itu Mat Solar, Fanny Fadilah, Nani Wijaya orang sudah lupa. Rieke pendatang baru, tapi orang bisa suka," kata Aris di Jakarta Selatan, Selasa, 5 November 2019.
 
Sebut saja untuk Preman Pensiun yang berangkat dari sinetron kemudian naik layar lebar. Tokoh utamanya yakni Epy Kusnandar, jauh dari standar film pada umumnya dengan tokoh utama berwajah komersial. Sebagian besar pemain tak melalui casting, langsung ditunjuk Aris.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi orang enggak lihat wajah, enggak lihat bintang. Orang pingin menikmati ceritanya. Saya yakin cerita ini (Bike Boyz) akan menghibur," terangnya.
 
Sutradara asal Bandung itu menjaga kekentalan nuansa lokal melalui aktor-aktornya. Dia enggan berpaku pada standar film-filmnua yang begitu menjual paras aktor utama. Dalam film Bike Boyz, Aris banyak menggunakan pemain baru asal Bandung.
 
"Pemain rata-rata enggak terkenal, tapi bukan karena itu, yang penting lokalitasnya. Saya bercerita di Bandung, pingin nuansa Bandung bukan karena aksen dibuat-buat. Karena kalau orang Sunda asli ngomong itu udah otomatis kedengaran sebagai Sunda," kata Aris.
 
"Beberapa dari mereka tampangnya Sunda walau enggak seluruh. Beberapa tipikal orang Sunda. Biar Sunda kerasa banget. Soalnya kalau saya syuting di Bandung tapi impor pemain Jakarta yang terkenal, unsur lokal enggak keluar," lanjut dia.
 
Bike Boyz berangkat dari kisah anak-anak komunitas motor vespa dan kesehariannya. Agus (Aep Bancet), bersama Marwan (Gariz Luis), Ichan (Damar RM), Koko (Andy Josalim), Andi (Dicky Satria), dan Pendi (Fadly Dodun) rutin berkumpul di markas komunitas. Konflik masing-masing dari mereka dijabarkan, dimulai dari Agus dan Marwan yang salah sangka terhadap, Mega (Birgi Putri) pencuri sepeda.
 
Perkara lain muncul. Satu hari Agus bertemu dengan teman sekampung, Lilis (Aline Manza) yang pergi ke kota untuk mencari suaminya, Ajat (Nendy Nurdin). Di tengah permasalahan dan solidaritas sesama anggota komunitas vespa, Agus harus menepati janjinya menemukan Ajat.
 
Bike Boyz disutradarai dan ditulis naskahnya oleh Aris Nugraha. Film ini diproduksi melalui Starvision Plus dan siap tayang di bioskop 14 November 2019.
 

 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif