Film tentang Korban Konflik Poso Buka 16 Film Festival

Purba Wirastama 26 November 2018 09:33 WIB
film dokumenter
Film tentang Korban Konflik Poso Buka 16 Film Festival
Potongan film Damai dalam Kardus (Foto: Dok. Metro TV)
Jakarta: Damai Dalam Kardus, dokumenter pendek pemenang Eagle Awards 2018, menjadi film pembuka 16 Film Festival (16FF) di Jakarta akhir pekan ini, Minggu, 25 November 2018. Film ini mengikuti kisah pria asal Poso, yang keluarganya terpecah karena konflik agama di sana dua dekade silam.

Film ini, yang menjadi bagian dari program inkubasi tahunan Eagle Awards and Documentary Competition (EADC), digarap oleh Andi Ilmi Utami dan Sulaeman Nur. Mereka mengikuti perjalanan seorang pria dalam mencari ayahnya, yang sudah terpisah sejak dia kecil karena buntut konflik agama di Poso. Ayahnya Kristen dan ibunya Islam.

Damai Dalam Kardus ditayangkan bersama 36 film lain dalam 16FF edisi kedua pada 25 November - 10 Desember 2018. Festival ini secara khusus mengangkat isu kekerasan sosial di Indonesia karena alasan perbedaan. Festival digelar bertepatan dengan kampanye global 16 hari anti kekerasan.


"Lewat film kita melihat, mendengar, dan menumbuhkan rasa empati yang tak jarang berujung pada tumbuhnya kekuatan kolektif untuk mencari solusi dan memberantas kekerasan berbasis gender dan seksualitas," tulis Nia Dinata, pendiri 16FF, dalam teks pengantar festival.

16FF tahun ini berpusat di Jakarta dengan 11 lokasi pemutaran film, seperti @america, Institut Francais d'Indonesie (IFI), SAE Institute, dan Galeri Indonesia Kaya. Semua sesi pemutaran dibuka untuk umum dan gratis.

Beberapa film lain di antaranya, Biola Tak Berdawai, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, Posesif, Cinta dari Wamena, Opera Tikus Got. Selain film cerita dan dokumenter Indonesia, ada juga beberapa film dari Myanmar dan Timor Leste.

Selain Jakarta, festival juga punya program penayangan dan diskusi di sejumlah daerah lain, yaitu Surabaya, Jombang, Jambi, Semarang, Rembang, Sragen, Yogyakarta, Bengkulu, Lampung, dan Denpasar. Jadwal selengkapnya tersedia di akun media sosial @enambelasffest.

 



(ASA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id