Film Ambu (Foto: skytreepictures)
Film Ambu (Foto: skytreepictures)

Syuting di Baduy, Tim Produksi Film Ambu Dilarang Gunakan Listrik dan Genset

Hiburan laudya cynthia bella Film Ambu
Elang Riki Yanuar • 02 Mei 2019 20:47
Jakarta: Laudya Cynthia Bella masih terkenang pengalaman tak terlupakan ketika syuting film Ambu. Pasalnya, lokasi syuting film Ambu dilakukan di pedalaman Baduy.
 
Film Ambu memang mengambil kisah latar belakang suku Baduy yang tinggal tanpa listrik. Meski harus hidup tanpa gawai dan listrik selama syuting, Bella tetap menikmati proses syuting film Ambu. Dia bahkan kerap mengajak anak-anak Baduy bermain bersama.
 
"Mereka di sana sangat kekeluargaan sekali. Para pemain yang biasa sibuk dengan handphone akhirnya saat di lokasi syuting, begitu selesai itu kumpul kalau malam, manggilin anak kecil main kuis. Meskipun enggak ada sinyal dan listrik, kita happy banget," kata Laudya Cynthia Bella dalam keterangan tertulisnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama syuting, tim produksi memang tidak diperkenankan menggunakan listrik sehingga proses syuting hanya dilakukan siang hari. Sedangkan untuk latar malam, mereka menggunakan set khusus. Sebelum syuting berlangsung, Farid Dermawan selaku sutradara dan Titien Wattimena yang menjadi penulis naskah sudah terlebh dulu melakukan riset di Baduy.
 
Film Ambu disebut Farid merupakan film komersial pertama yang mengambil latar belakang suku Baduy. Karena itu, selain hendak menyajikan cerita, dia ingin menonjolkan keindahan alam dan budaya suku Baduy.
 
"Sebelum syuting saya dan Titien Wattimena riset dulu selama tiga bulan lalu datang ke lokasi. Mereka menerapkan aturan untuk kami syuting tidak boleh menggunakan listrik ataupun genset, jadi kekuatannya benar-benar bergantung pada cahaya matahari. Jadi begitu matahari terbenam kita istirahat dan charge semua peralatan ke luar Baduy untuk digunakan esok harinya, jaraknya sekitar satu jam," jelas Farid.
 
Film Ambu berkisah tentang Ambu Misnah (Widyawati) yang ditinggal anaknya bernama Fatma (Laudya Cynthia Bella) demi cintanya pada seseorang. Dari hubungannya dengan seorang pemuda Jakarta, Fatma dikaruniai seorang anak perempuan bernama Nona (Lutesha). Fatma kemudian membawa Nona pulang ke Baduy. Namun, kehadirannya mendapatkan penolakan.
 
"Sejak awal, saya memang ingin membuat cerita tentang ibu sebagai rumah dari anaknya. Ketika ber-setting di Baduy, saya memasukan unsur di mana ada aturan Baduy yang ketika warganya sudah meninggalkan kampung. Itu jadi unsur yang memperkuat cerita ini. Film Ambu di sini enggak hanya mewakili sosok ibu, tapi juga mewakili budaya dan tanah yang kita pijak,” ujar Titien Wattimena yang juga dikenal sebagai penulis naskah film Dilan 1990.
 
Selain dibintangi Widyawati dan Laudya Cynthia Bella, film Ambu menghadirkan Baim Wong, Andri Mashadi, dan Enditha Wibisono sebagai pemain. Film Ambu dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia pada 16 Mei 2019.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif