NEWSTICKER
Abimana (Foto: MI/Pius Erlangga)
Abimana (Foto: MI/Pius Erlangga)

Sikap Abimana Menolak Pengultusan Superhero

Hiburan abimana aryasatya sineas kita
Kumara Anggita • 17 Juli 2019 08:00
Jakarta: Abimana Aryasatya dipilih memerankan karakter Gundala sang Putra Petir di film garapan Joko Anwar. Walaupun berperan sebagai Gundala, Abimana Aryasatya mengaku tidak pernah memiliki pahlawan super idola sejak kecil.
 
Abimana mengaku menolak mengultuskan seorang superhero. Definisi superhero bagi Abimana adalah orang yang tidak egois dan mengorbankan kepentingannya demi orang lain. Dalam konteks ini, Abimana menilai bahwa supehero-nya adalah sang istri.
 
"Gue tidak suka superhero. Gue suka dengan orang yang hidup yang nyata. Dari kecil gue baca, mereka menghibur tapi tidak mengkultuskan,” ujarnya kepada Medcom.id di Kantor Media Indonesia, Jakarta.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Istri adalah hero karena definisinya adalah orang yang rela mengorbankan kepentingan dirinya demi orang lain. Setiap perempuan mengorbankan dirinya demi kepentingan orang, lihat perempuan melahirkan anak," lanjutnya.
 
Meski tidak menggemari supehero fiksi, tapi dia tetap tertarik pada karakter tertentu. Dia menyukai karakter-karakter keras yang berkaitan dengan pembalasan dendam seperti Spawn.
 
"Gue suka yang gelap-gelap si kalau superhero yang basic karakternya dari revenge,” katanya.
 
Sikap Abimana Menolak Pengultusan Superhero
Abimana (Foto: MI/Pius Erlangga)
 
Hal itu karena dia menganggap karakter tersebut lebih dekat dengannya. Dia mengaku bahwa kehidupannya tidaklah mudah seperti superhero lainnya.
 
"Mereka merepresentasikan iya, tapi bukan gue balas dendam pada sesuatu tapi hidup gue tidak semenyenangkan itu. Jadi merasa dekat dengan karakter itu. Spawn itu dibuang ke neraka lalu balik lagi,” jelas Abimana.
 
"Kalau Batman gue tidak suka karena tidak relate dengan kehidupannya kayanya gampang banget. Maksudnya kaya banget. Kehilangannya gue relate tapi secara harta gue tidak relate," ujarnya sambil tertawa.
 
Abimana kemudian sedikit bercerita tentang masa lalunya. Salah satu film Joko Anwar yang berjudul A Copy of My Mind (2015) baginya cukup merepresentasikan kehidupannya yang dia maksud.
 
“Gue relate sama film Joko Anwar tidak hanya Gundala tapi A Copy of My Mind. Itu syuting di depan rumah gue, kekerasan yang terjadi di film Joko Anwar, itu hidup gua. Termasuk tadi kenapa bisa suka sama karakter-karakter keras yang berhubungan dengan revenge,” jelasnya.
 
"Indonesia hidupnya tidak gampang. Hidup kita keras. Dari kecil sudah terbiasa dengan hidup keras karena itu gue relate sama karakter yang struggle," lanjutnya.
 
Karena itu, dia sangat menghargai sosok-sosok yang tidak berkutat pada tataran konsep saja melainkan mereka yang langsung melakukan sebuah aksi untuk sebuah perubahan.
 
“Yang ambil hak enggak cuma diam dan nunggu. Tidak hanya mengoceh di sosial media tapi do something. Buat perubahan. Seseorang yang tidak hanya mengutamakan kepentingan dirinya sendiri,” jelasnya.
 
Sikap Abimana Menolak Pengultusan Superhero
Abimana dan Joko Anwar (Foto: MI/Pius Erlangga)
 
Sebelumnya Joko Anwar, sutradara Gundala bercerita bahwa dia memilih Abimana karena kerabatnya ini memiliki kepribadian yang dekat dengan Gundala. Dalam arti, Abimana memiliki sosok superhero di dalamnya.
 
“Kualitas itu ada di dia. Jadi aku dari awal kenal dia, wah ini cocok," kata Joko.
 
Dalam proses syuting, karakteristik ini ditonjolkan oleh Abi. Dari bagaimana dia berinteraksi dengan orang-orang yang terlibat dalam film. Ini menunjukan bahwa Joko tidak salah pilih artis karena nilai utama yang dia pegang adalah tidak ingin membohongi para penonton.
 
“Ketika syuting dia sebagai aktor utama sangat mementingkan keselamatan kru, keselamatan pemain lain. Itu safe atau tidak. Mereka sudah makan atau belum. Mereka sudah istirahat cukup atau tidak. Jadi ketika dia jadi Gundala dia tidak bohong,” kata Joko.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif