Kreator SpongeBob SquarePants Meninggal
Stephen Hillenburg (Foto: via consequenceofsound)
California: Stephen Hillenburg, kreator serial animasi televisi fenomenal SpongeBob SquarePants, dikabarkan telah meninggal dunia di San Marino pada Senin malam waktu setempat. Stephen meninggal dalam usia 57 tahun karena komplikasi penyakit amyotrophic lateral sclerosis atau ALS.

Kabar duka ini disampaikan pihak Nickoledeon, studio tempat dia bernaung untuk mengerjakan Spongebob. 

"Kami berduka, membagikan kabar meninggalnya Stephen Hillenburg, sang kreator SpongeBob SquarePants. Hari ini, kita mengheningkan cipta untuk menghormati hidup dan karya beliau," kicau @Nickelodeon di Twitter pada Rabu dini hari, 28 November 2018 atau Selasa pagi waktu setempat.


Stephen, pria kelahiran 21 Agustus 1961, adalah pakar biologi kelautan dan sekaligus artis animasi, kartun, film, dan serial. Kecintaan pada laut dimulai secara profesional dengan menjadi pengajar biologi laut. Setelah dua tahun mengajar, Stephen menekuni studi jurusan animasi dan bergabung dengan Nickelodeon.

Serial pertama yang dia kerjakan adalah Rocko's Modern Life (1993–1996), sebelum dia membuat konsep dan karakter yang kemudian berkembang menjadi SpongeBob SquarePants dalam serial televisi.

Episode pertama serial ini tayang perdana 1 Mei 1999 dan disusul dengan 19 episode hingga April 2000 untuk musim pertama. Hingga kini, serial ini telah punya 242 episode dalam 12 musim. Episode terakhir adalah episode pertama atas musim ke-12, yang baru saja dirilis pada 11 November. Selain itu ada juga versi film, komik, gim video, serta taman bermain.

Semasa hidupnya, Stephen menerima lusinan penghargaan dan menjadi nomine lewat karya-karyanya, terutama SpongeBob SquarePants. Pada April lalu, komite Emmy Awards memberikan penghargaan kehormatan bagi Stephen atas "kontribusi dan dampak yang telah diciptakan dalam bidang animasi dan industri penyiaran". 

Tom Kenny, aktor pengisi suara SpongeBob versi asli, tampil di podium untuk memberi pengantar dan menyerahkan penghargaan Emmy tersebut kepada Stephen. 

"Pita suara SpongeBob mungkin memang milikku, tetapi semangat ceria yang 'gentle anarchy' dari SpongeBob, humor dan kegembiraan yang dia tuangkan ke dunia yang penuh semangat, warna, dan musik, datang 100 persen langsung dari sahabat baikku, Tuan Stephen Hillenburg," ungkap Tom.

Stephen membaktikan kariernya kepada karya animasi dan SpongeBob hingga sebelum akhir hayat. Sejak kabar sakitnya diungkap pada Maret 2017, Stephen menyatakan akan tetap berkarya untuk SpongeBob selama dia mampu. Namun komplikasi ALS telah menghentikan Stephen dan membawa dia beristirahat untuk selamanya. 






(ASA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id