Michael Jackson (Foto: Getty Images/Carl de Souza)
Michael Jackson (Foto: Getty Images/Carl de Souza)

Film Dokumenter yang Beberkan Kasus Pelecehan Seksual oleh Michael Jackson Dikecam

Hiburan film dokumenter
Purba Wirastama • 28 Januari 2019 11:27
California: Leaving Neverland, film dokumenter terbaru tentang Michael Jackson tuai kecaman. Film itu mengambil sudut pandang dari dua korban pelecehan seksual yang melibatkan MJ. Seperti diketahui, MJ beberapa kali tersandung kasus pelecehan seksual anak di bawah umur.
 
Kecaman datang dari pihak pengelola warisan sang Raja Pop itu. Mereka menyebut kedua subyek dalam film sebagai pembohong.
 
"Leaving Neverland bukanlah dokumenter," tulis pernyataan itu, seperti dikutip Rolling Stone.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah semacam tabloid pembunuhan karakter Michael Jackson semasa hidupnya, dan kini setelah dia meninggal. Film ini mengambil tuduhan tak berdasar yang diduga terjadi 20 tahun lalu dan menganggap itu sebagai fakta," lanjut mereka.
 
Dua subyek yang dimaksud adalah Wade Robson dan James Safechuck, dua pria yang mengaku pernah menerima pelecehan seksual dari MJ sejak anak-anak. Film ini digarap sutradara Dan Reed.
 
Menurut pihak MJ, dalam sidang pengadilan bertahun-tahun lalu, Wade dan James pernah bersaksi di bawah sumpah bahwa tuduhan kepada MJ tidak pernah terjadi. Film ini juga disebut tidak punya bukti absolut, hanya bergantung kepada kata-kata kedua subyek, dan tidak mewawancarai orang-orang yang punya waktu bersama MJ lebih lama.
 
Wade dan keluarganya disebut telah menerima manfaat dari kebaikan MJ semasa hidup. Mereka menyebut bahwa Wade meninggalkan Neverland, properti mewah milik MJ, sekadar karena Wade tidak mendapatkan peran dalam produksi pertunjukan Cirque du Soleil.
 
"Kami sangat simpatik kepada siapapun korban kekerasan seksual anak-anak yang valid. Film ini telah merugikan para korban itu. Karena terlepas dari segala pengakuan yang dibuat-buat bahwa ini bukan soal uang, ini selalu tentang uang – jutaan dollar," tulis mereka.
 
"Pada 2013, ketika Wade Robson dan James Safechuck, lewat kantor hukum yang sama, membuat klaim yang tidak sukses melawan Estate milik Michael. Kini, Michael tidak bisa membela dirinya sendiri, Robson, Safechuck, dan pengacara mereka terus berusaha meraih ketenaran dan uang melalui tuduhan sama, yang sudah dibuktikan tidak bersalah oleh hakim semasa dia hidup," tutup mereka.
 
Leaving Neverland ditayangkan perdana dalam Sundance Film Festival di Utah pekan lalu, Jumat, 25 Januari 2019. Film ini mengejutkan penonton Sundance karena menceritakan sejumlah pengakuan blak-blakan tentang tindak pelecehan seksual yang dituduhkan kepada MJ. HBO akan merilis film ini pada Maret 2019.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif