Tanta Ginting. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Tanta Ginting. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Tanta Ginting, Tinggalkan Karier di Amerika Demi jadi Seniman di Tanah Air

Hiburan sineas kita Tanta Ginting
Cecylia Rura • 27 September 2019 15:44
Tanta Jorekenta Ginting meninggalkan ladang emas di Amerika Serikat demi kenyamanan hidupnya. Tanta Ginting, begitu dia dikenal saat ini sebagai aktor, sering membintangi sejumlah film dan tak jarang muncul dalam komedi situasi.
 
Sebelum benar-benar terjun ke industri hiburan, Tanta melalui perjalanan berliku termasuk ditentang kedua orangtua ketika akan pulang ke Indonesia menggeluti industri hiburan. Bukan hal mudah meninggalkan pekerjaan berupah besar, juga amanat orangtua yang menginginkan anaknya sukses.
 
Singkat cerita, Tanta Ginting pernah bekerja sebagai Electric Engineer atau Insinyur Elektro di The National Aeronautics and Space (NASA). Dalam sela promo film ditemui belum lama ini, Tanta Ginting membagikan sedikit cerita jatuh bangun awal mula meniti karier di hiburan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari dulu pinginnya di dunia hiburan, cuma karena gua punya orangtua yang tidak mendukung dan tidak mengerti akan bisnis di dunia hiburan, jadi mereka selalu menolak. Akhirnya gua masuk Teknik Elektro karena pada saat itu jurusan yang aman dan sangat menjanjikan pekerjaan dan gua berpikir semua entertainment base-nya sudah elektronik kayak kamera dan gitar elektronik," kata pria berusia 37 tahun itu.
 
Tanta mengakui kepintarannya saat itu belum cukup. Dia pun memilih pekerjaan yang relevan dengan ilmu yang dipelajari selama berkuliah di Devry University.
 
"Ternyata gue tidak sepintar itu dan pas-pasan banget, jadi gue enggak bebas cari pekerjaan. Gue cuma dapat kerjaan yang ada tapi yang bagus di teknologi luar angkasa sama robotik di Amerika, dan gue kerja selama empat tahun. Cuma gue enggak bisa ngebohongi diri dan kata hati gue, akhirnya gue tetap jadi seniman," cerita Tanta.
 
Pada 2009, Tanta Ginting menerima tawaran Daniel Mananta ikut audisi Gita Cinta The Musical. Di sini langkah pertama Tanta Ginting mulai serius di industri hiburan.
 
"Dari situ musikal terus, tapi sempat ke TV nge-host. Terus dapat tawaran film pertama Soekarno, ternyata dari situ titik awal mula karier gue sebagai aktor," katanya.
 
Diteror Bapak
 
Keputusan Tanta Ginting bertolak belakang dengan keinginan orangtua. Suami dari Denalta Eunike itu bahkan selalu diteror orangtua saat akan kembali ke Indonesia.
 
"Dari awal gua berantem terus, sebelum balik ke Indonesia aja berantem sama bokap. Tapi nyokap menengahi dan bilang, 'Udah. Dicoba aja biar puas, tiba-tiba menyesal'. Akhirnya gua coba, setiap hari diteror sama bokap gua. Diteror aja sama bokap," cerita Tanta.
 
"Apalagi pendapatan gue di Indonesia waktu itu sebulan sama dengan seharinya gua di Amerika. Ah, gilak! Bokap marah-marah sampai akhirnya gua main di musikal Laskar Pelangi, di mana karya itu sempat dibawa ke Singapura dan berita di mana-mana positif semua. Bokap melihatnya gua serius dan bukan mau kabur dari kerjaan tapi memang kejar passion," kata Tanta.
 
"Sampai akhirnya main film Soekarno, mereka yang akhirnya membantu promosikan karier gua. Jadi happy banget!" lanjut Tanta.
 
Titik balik atau keinginan Tanta mulai menggebu sejak 2004. Namun, keberanian itu baru-baru terwujud sekira 2008-2009. Tanta berproses selama empat tahun dan mempersiapkan diri.
 
Mudik ke Indonesia lewat Nge-band
 
Melepas pekerjaan dengan upah yang diyakini 10 kali lipat lebih besar dari pendapatannya di Indonesia, Tanta Ginting memutuskan keluar dari Amerika. Australia dan Inggris sempat jadi opsi utama Tanta untuk menyalurkan hasrat berseni. Namun, niatan itu justru tersalurkan ketika sekelompok band Indonesia datang ke Amerika.
 
"Mereka yang racunin gue untuk memulai karier di Indonesia. Pas di sini gue gak mau ada embel-embel lain, kayak 'kalau gue gagal jadi seniman, gue masih punya degree untuk balik ke Amerika'. Semua itu gue hapus di otak. Jadi selama satu-dua tahun benar-benar mencoba di bidang musik, nge-band. Miskin gue sampai tabungan habis," kata Tanta.
 
Tanta Ginting bermusik bersama band Fourwall dan merilis album Lifetime pada 2007 saat berada di Amerika Serikat.
 


 
(ASA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif