Ada sejumlah kebiasaan baru yang harus dijalankan pengendara sepeda motor di era new normal. Honda
Ada sejumlah kebiasaan baru yang harus dijalankan pengendara sepeda motor di era new normal. Honda

Persiapan Pengendara Motor di Era Kenormalan Baru

Haji safety riding
Ekawan Raharja • 19 Juni 2020 10:18

Jakarta: Setelah beberapa bulan masyarakat Indonesia menghadapi Pandemi Covid-19, kini bersiap memasuki era New Normal, dimana masyarakat mulai beraktivitas kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Para pengguna sepeda motor harus membiasakan diri dengan hal-hal baru yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya dalam beraktivitas sehari-hari.
 
Beberapa hal perlu diperhatikan dan dilakukan para bikers untuk berkendara di era New Normal, mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara, hingga setelah berkendara. Hal ini demi menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan mengurangi risiko terkena Virus Korona.
 
Tips berkendara di new normal bisa dimulai dari pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat celcius atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Periksalah kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.
 
"Selain mengecek kondisi motor, persiapkan perlengkapan berkendara sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara. Para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman,” ujar Manager Safety Riding Astra Honda Motor, Johannes Lucky, melalui keterangan resminya.
 
Selain itu, para bikers perlu memperhatikan perlengkapan berkendara yang digunakan di era New Normal. Hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk, serta mencegah mengusap mata saat perjalanan.
 
Bikers yang berkendara menggunakan Buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

Utamakan Keselamatan Selama Berkendara

Saat berkendara, selalu utamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemik atau teridentifikasi sebagai zona merah dengan mencari jalur alternatif lainnya.
 
“Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah,” lanjut Lucky.
 
Setelah sampai tujuan, bikers wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara. Jika telah sampai rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga.
 
Perlengkapan berkendara yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri. “Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke perlengkapan berkendara yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung,” lanjut Lucky.
 
Jaket berkendara dan sarung tangan yang telah digunakan sebaiknya langsung dicuci atau disemprot disinfektan, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus, terutama untuk keluarga di rumah. “Keselamatan dan kesehatan bikers menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif di era New Normal ini,” tutup Lucky.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif