YOUR FASHION
Raih 16 Kali Lipat Pesanan, Intip Kiat Sukses Dushishoes Berjualan di Platform e-Commerce
Yuni Yuli Yanti
Senin 01 Juli 2024 / 08:00
Jakarta: Ketatnya persaingan industri fashion sepatu tanah air yang kian kompetitif, membuat para pelaku usaha lokal harus mampu berdaya saing lewat keunikan produk dan strategi bisnis yang efektif.
Jenama sepatu asal Bogor, Dushishoes, menjadi salah satu contoh sukses usaha lokal yang berhasil bertransformasi melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi e-commerce seperti Shopee Live.
Memulai bisnis sebagai penyuplai bahan untuk sandal dan sepatu, perjalanan Diana, pendiri Dushishoes, tidaklah mudah. Sama seperti pebisnis kecil lainnya, awal pandemi memiliki tantangan tersendiri akibat penurunan permintaan bahan yang signifikan.
Namun, dibanding harus menyerah, Diana justru mencari peluang baru dengan menjadi produsen dan memproduksi sepatu serta sandal mereknya sendiri. Bahkan, juga sukses beradaptasi dengan penjualan online melalui platform e-commerce, terutama Shopee dan fitur interaktif seperti Shopee Live.
"Sepatu itu soal kenyamanan, jadi cara berjualannya pun juga harus membuat pelanggan nyaman. Maka dari itu, di tahun 2019 kami fokus memasuki pasar ritel online melalui platform Shopee. Live sebagai langkah strategis untuk beradaptasi dalam kemajuan era digital. Kami merasakan dampak positif lewat peningkatan pesanan hingga 16 kali lipat sejak pertama kali live stream hingga bulan Mei 2024 ini," ungkap Diana.
Bagi Dushishoes, lanjut Diana, Shopee Live bukan hanya platform untuk memasarkan produk secara real-time, tapi juga memberikan ruang bagi penjual dan pembeli menjadi lebih dekat dan personal.
"Mereka bisa mengajukan pertanyaan, melihat kualitas dan detail produk, serta menyaksikan secara langsung saat dikenakan oleh para host, mulai dari bentuk hingga ukuran. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap brand kami," ujarnya.

(Koleksi Dushi Amara. Foto: Dok. Dushishoes)
Setiap sesi livestream yang diadakan secara rutin oleh Dushishoes dari jam 8 pagi hingga 8 malam, tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan produk, tapi juga sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan dan menerima evaluasi terkait kualitas dan masukan mengenai tren terkini yang bisa dijadikan inspirasi berikutnya untuk koleksi terbaru Dushishoes.
“Untuk menarik lebih banyak pengguna ke sesi Shopee Live, kami juga memanfaatkan platform Shopee Video dengan menyajikan konten video pendek yang kreatif dan menarik. Beberapa jenis konten Shopee Video yang kami sajikan termasuk rekomendasi outfit dengan Dushishoes, berbagai produk terbaru, kombinasi warna sepatu yang sesuai, dan konten menarik lainnya. Menariknya, lewat konten video ini, kami berhasil mendapatkan perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengunjungi toko Dushishoes secara langsung untuk mengeksplorasi produk-produk lainnya," jelas Diana.

(Diana, selaku Pendiri Dushishoes. Foto: Dok. Dushishoes)
terjangkau.
Diana mengatakan walau diawali dengan mengandalkan produk dari toko lain karena belum memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu dan pengalaman,Dushishoes akhirnya berhasil memulai produksi sendiri, seperti sandal plastik elmo, flatshoes, mules, heels dan berbagai model lainnya.
Proses produksinya dilakukan dengan sangat teliti, baik tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal, hingga sampling dan uji coba untuk memastikan kualitas produk telah sesuai standar sebelum diproduksi secara massal.
"Dushishoes tidak hanya fokus pada aspek fungsionalitas dalam setiap koleksi sepatunya, tetapi
juga membangun identitas dan cerita yang kuat di balik setiap desain yang dihadirkan. Dengan tidak mengesampingkan tren pasar, Dushishoes berhasil menciptakan produk yang tidak hanya
mengikuti mode, tetapi juga memiliki nilai tambah bagi para penggunanya," tuturnya.
Seperti DUSHI Mizzu flat, DUSHI Amara flat, dan Luna heels, modelnya yang casual, kekinian dan nyaman menjadi tiga produk terlaris di Shopee. Memiliki model yang beragam tidak membuat
Dushishoes mengesampingkan kualitas terbaik dari setiap produk yang dijual.

(Proses produksi dilakukan dengan sangat teliti, baik tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal. Foto: Dok. Dushishoes)
Melalui konsep home industry, baik bahan hingga pengrajin yang semuanya dalam Negeri, Dushishoes tidak hanya menjadi brand lokal sepatu yang diandalkan, tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar.
Sejak awal, Dushishoes telah memilih untuk bergabung dengan Shopee karena melihat potensi
pertumbuhan yang pesat dan luas. Dushishoes juga aktif mengikuti berbagai program yang
ditawarkan Shopee, seperti Gratis Ongkir, Cashback, serta rutin berpartisipasi dalam kampanye
angka kembar dan program-program Shopee lainnya.
Konsistensi dalam menyajikan konten menarik di Shopee Live dan Video juga menjadi salah satu strategi Dushishoes, demi berhasil memenangkan hati konsumen dan membangun basis pelanggan yang setia.
Tak hanya itu, berkat kegigihan Dushishoes dalam memanfaatkan kehadiran Shopee, mereka
berhasil memenangkan Shopee Super Awards 2023 dalam kategori Ekspor. Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan kualitas produk lokal mereka yang kini berhasil menembus pasar internasional.
"Bagi kami, setiap tantangan besar dapat diubah menjadi peluang kesuksesan melalui
kreativitas dan pemanfaatan teknologi yang tepat. Bersama Shopee dan fitur-fitur interaktif
seperti Shopee Live maupun Shopee Video, telah membuka jalan kami yang baru. Dengan
kolaborasi ini, kami tidak hanya mampu mengembangkan bisnis lokal, tetapi juga membuktikan
bahwa semangat untuk terus berinovasi dapat membawa dampak positif baik bisnis dan
lingkungan sekitar," tutup Diana.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)
Jenama sepatu asal Bogor, Dushishoes, menjadi salah satu contoh sukses usaha lokal yang berhasil bertransformasi melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi e-commerce seperti Shopee Live.
Memulai bisnis sebagai penyuplai bahan untuk sandal dan sepatu, perjalanan Diana, pendiri Dushishoes, tidaklah mudah. Sama seperti pebisnis kecil lainnya, awal pandemi memiliki tantangan tersendiri akibat penurunan permintaan bahan yang signifikan.
Namun, dibanding harus menyerah, Diana justru mencari peluang baru dengan menjadi produsen dan memproduksi sepatu serta sandal mereknya sendiri. Bahkan, juga sukses beradaptasi dengan penjualan online melalui platform e-commerce, terutama Shopee dan fitur interaktif seperti Shopee Live.
"Sepatu itu soal kenyamanan, jadi cara berjualannya pun juga harus membuat pelanggan nyaman. Maka dari itu, di tahun 2019 kami fokus memasuki pasar ritel online melalui platform Shopee. Live sebagai langkah strategis untuk beradaptasi dalam kemajuan era digital. Kami merasakan dampak positif lewat peningkatan pesanan hingga 16 kali lipat sejak pertama kali live stream hingga bulan Mei 2024 ini," ungkap Diana.
Bagi Dushishoes, lanjut Diana, Shopee Live bukan hanya platform untuk memasarkan produk secara real-time, tapi juga memberikan ruang bagi penjual dan pembeli menjadi lebih dekat dan personal.
"Mereka bisa mengajukan pertanyaan, melihat kualitas dan detail produk, serta menyaksikan secara langsung saat dikenakan oleh para host, mulai dari bentuk hingga ukuran. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap brand kami," ujarnya.

(Koleksi Dushi Amara. Foto: Dok. Dushishoes)
Live 12 jam
Mempunyai ambisi menjadi brand lokal yang dikenal masyarakat luas, Dushishoes sukses menjadikan Shopee Live sebagai fitur yang membantu untuk memperluas brand awareness produknya. Selama Q1 2024 ini, Shopee Live pun berhasil berkontribusi lebih dari 34 persen pendapatan transaksinya di Shopee.Setiap sesi livestream yang diadakan secara rutin oleh Dushishoes dari jam 8 pagi hingga 8 malam, tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan produk, tapi juga sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan dan menerima evaluasi terkait kualitas dan masukan mengenai tren terkini yang bisa dijadikan inspirasi berikutnya untuk koleksi terbaru Dushishoes.
“Untuk menarik lebih banyak pengguna ke sesi Shopee Live, kami juga memanfaatkan platform Shopee Video dengan menyajikan konten video pendek yang kreatif dan menarik. Beberapa jenis konten Shopee Video yang kami sajikan termasuk rekomendasi outfit dengan Dushishoes, berbagai produk terbaru, kombinasi warna sepatu yang sesuai, dan konten menarik lainnya. Menariknya, lewat konten video ini, kami berhasil mendapatkan perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengunjungi toko Dushishoes secara langsung untuk mengeksplorasi produk-produk lainnya," jelas Diana.

(Diana, selaku Pendiri Dushishoes. Foto: Dok. Dushishoes)
Lebih dari sekadar fungsionalitas dan kualitas
Di balik strategi bisnisnya untuk dinamis terhadap perubahan teknologi, Dushishoes juga memiliki visi yang kuat untuk memproduksi sandal dan sepatu berkualitas dengan harga yangterjangkau.
Diana mengatakan walau diawali dengan mengandalkan produk dari toko lain karena belum memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu dan pengalaman,Dushishoes akhirnya berhasil memulai produksi sendiri, seperti sandal plastik elmo, flatshoes, mules, heels dan berbagai model lainnya.
Proses produksinya dilakukan dengan sangat teliti, baik tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal, hingga sampling dan uji coba untuk memastikan kualitas produk telah sesuai standar sebelum diproduksi secara massal.
"Dushishoes tidak hanya fokus pada aspek fungsionalitas dalam setiap koleksi sepatunya, tetapi
juga membangun identitas dan cerita yang kuat di balik setiap desain yang dihadirkan. Dengan tidak mengesampingkan tren pasar, Dushishoes berhasil menciptakan produk yang tidak hanya
mengikuti mode, tetapi juga memiliki nilai tambah bagi para penggunanya," tuturnya.
Seperti DUSHI Mizzu flat, DUSHI Amara flat, dan Luna heels, modelnya yang casual, kekinian dan nyaman menjadi tiga produk terlaris di Shopee. Memiliki model yang beragam tidak membuat
Dushishoes mengesampingkan kualitas terbaik dari setiap produk yang dijual.

(Proses produksi dilakukan dengan sangat teliti, baik tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal. Foto: Dok. Dushishoes)
Melalui konsep home industry, baik bahan hingga pengrajin yang semuanya dalam Negeri, Dushishoes tidak hanya menjadi brand lokal sepatu yang diandalkan, tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar.
Sejak awal, Dushishoes telah memilih untuk bergabung dengan Shopee karena melihat potensi
pertumbuhan yang pesat dan luas. Dushishoes juga aktif mengikuti berbagai program yang
ditawarkan Shopee, seperti Gratis Ongkir, Cashback, serta rutin berpartisipasi dalam kampanye
angka kembar dan program-program Shopee lainnya.
Konsistensi dalam menyajikan konten menarik di Shopee Live dan Video juga menjadi salah satu strategi Dushishoes, demi berhasil memenangkan hati konsumen dan membangun basis pelanggan yang setia.
Tak hanya itu, berkat kegigihan Dushishoes dalam memanfaatkan kehadiran Shopee, mereka
berhasil memenangkan Shopee Super Awards 2023 dalam kategori Ekspor. Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan kualitas produk lokal mereka yang kini berhasil menembus pasar internasional.
"Bagi kami, setiap tantangan besar dapat diubah menjadi peluang kesuksesan melalui
kreativitas dan pemanfaatan teknologi yang tepat. Bersama Shopee dan fitur-fitur interaktif
seperti Shopee Live maupun Shopee Video, telah membuka jalan kami yang baru. Dengan
kolaborasi ini, kami tidak hanya mampu mengembangkan bisnis lokal, tetapi juga membuktikan
bahwa semangat untuk terus berinovasi dapat membawa dampak positif baik bisnis dan
lingkungan sekitar," tutup Diana.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)