YOUR FASHION

Ini Penyebab Ketiak Baju Menguning dan Cara Menghilangkannya

Kumara Anggita
Senin 16 Agustus 2021 / 15:00
Jakarta: Baju putih memang bagus dipadu padankan dengan outfit apapun. Selain itu, pakaian putih juga kerap menjadi warna andalan untuk kamu yang senang tampil kasual dan monokrom. 

Namun sayangnya, beberapa orang menghindari membeli baju putih karena seiring waktu bagian ketiaknya suka menguning.

Dikutip dari The Spruce, penyebab dari noda kekuningan ini adalah karena mineral (terutama garam) dalam keringat bercampur dengan bahan antiperspirant atau deodoran (terutama aluminium). Ini adalah kombinasi yang membuat noda kuning pada pakaian putih dan menghitamkan area ketiak pada pakaian berwarna. 


(Kamu bisa mencuci noda kuning pada ketiak menggunakan soda kue atau cuka putih. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)


Ketika baju sudah dalam keadaan demikian, mungkin kamu terpikir untuk tidak memakainya lagi. Eits, tunggu dulu, ada cara untuk menghilangkan nodanya kok! Yang kamu butuhkan adalah:

 

Bahan:


- Soda kue

- Hidrogen peroksida

- Penghilang noda berbasis enzim (opsional)

- Detergen

- Cuka putih (opsional)

- Pemutih klorin (opsional)

 

Caranya:


1. Campurkan soda kue dengan air atau hidrogen peroksida secukupnya untuk membentuk pasta. Gosokkan campuran tersebut ke area yang bernoda, gunakan spons atau sikat gigi bekas. Atau, kamu bisa membersihkan noda dengan cuka putih murni. Biarkan dengan larutan hingga 30 menit.

2. Bilas larutan dengan air dingin atau hangat. Jangan bilas dengan air panas karena dapat mengatur noda.

3. Kamu bisa juga menggunakan pembersih noda cucian berbasis enzim atau detergen cucian dan diamkan selama lima menit atau sesuai petunjuk. Lalu, cuci baju seperti biasa, menggunakan air panas yang aman untuk kain.

4. Biarkan pakaian mengering, lalu periksa apakah ada noda keringat. Jika noda tetap ada, ulangi perawatan seperti sebelumnya.


Selamat mencoba!
(yyy)

MOST SEARCH