YOUR FASHION

Nur Asia Uno Puji Batik Karya Pembatik Cilik

Elang Riki Yanuar
Rabu 27 Juli 2022 / 13:52
Jakarta: Istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Nur Asia Uno memuji batik karya Komunitas Pembatik Cilik wilayah Pandak dan Gedangsari. Batik tulis karya pembatik cilik itu dipamerkan dalam acara Seremoni Ekspor Desa Sejahtera Astra Klaster Kriya 2022 yang berlangsung di Wanawisata Hutan Pinus, Mangunan, Bantul, Yogyakarta.

Komunitas Pembatik Cilik merupakan program yang diinisiasi Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR). Program ini merupakan kelanjutan dari program Komunitas Pembatik Cilik di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul yang telah lebih dahulu memulai kegiatannya pada akhir tahun 2021.

"Kami telah memulai melakukan pembinaan pilar kecakapan hidup membatik untuk guru-guru dan siswa-siswi di Kecamatan Gedangsari – Kabupaten Gunungkidul dan Kecamatan Pandak – Kabupaten Bantul, Yogyakarta sejak sekitar tahun 2007-2008. Melalui pembentukan Komunitas Pembatik Cilik Pandak ini, kami ingin berkontribusi terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah prasejahtera," Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo dalam keterangan tertulisnya.

"Kami berharap bahwa siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga dapat terus mengasah kecakapan hidup serta kepercayaan diri yang dapat menjadi bekal bermanfaat untuk masa depan mereka dan memberikan dampak positif terhadap kemajuan daerahnya," lanjutnya.



Karya batik buatan Komunitas Pembatik Cilik diperagakan oleh para finalis peserta Miss Bantul 2022. Nur Asia Uno yang menyaksikan langsung ikut terpukau. Dia yakin, batik Indonesia bisa menembus pasar mode internasional.

"Saya sangat mengapresiasi program ini, dengan menggali potensi produk kreatif desa program ini telah berkontribusi membangkitkan perekonomian masyarakat serta menciptakan masyarakat desa yang sejahtera. Saya percaya produk kriya Indonesia mampu dan tidak kalah merebut hati masyarakat internasional dan mempunyai pelanggan yang loyal. Dengan kolaborasi berbagai pihak dan elemen masyarakat kita bersama ke arah kebangkitan ekonomi Indonesia," kata Nur Asia Uno.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 112 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 Kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunungkidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.





 
(ELG)

MOST SEARCH