YOUR FASHION

Inovasi Fesyen, Bella Hadid Pakai Gaun Semprot Futuristik di Paris Fashion Week 2022

Yuni Yuli Yanti
Kamis 10 November 2022 / 10:00
Jakarta: Seiring perkembangan zaman, dunia fesyen pun ikut berkembang dan selalu menghadirkan beragam inovasi yang patut diacungi jempol. Salah satu yang cukup mengagumkan bahkan membuat heboh publik adalah gaun semprot yang dipakai Bella Hadid di perhelatan Paris Fashion Week 2023. 

Slip dress yang masuk dalam koleksi kapsul Coperni's Spring/Summer 2023 itu memperlihatkan tampilan serat cair yang disemprotkan ke tubuh sang model sehingga menjadi gaun putih yang begitu indah. 

Berlangsung di Salle des Textiles, Musée des Arts et Métiers Paris pada 30 September lalu, Coperni menunjukkan bagaimana proses awal pembuatan tersebut. Mulai dari sang supermodel berusia 25 tahun yang berjalan keluar tanpa busana dan hanya mengenakan celana dalam. Kemudian, ia berdiri di atas alas yang terang di mana dua pria siap untuk menyemprotkan kain seperti cairan ke tubuhnya. 

Dalam waktu sekitar 9 menit, tubuh Bella pun diselimuti lapisan kain tipis. Setelah kain memiliki waktu untuk diselesaikan, Kepala Desain Coperni Charlotte Raymond datang untuk menghapus kelebihan dan membentuk gaun itu ke bentuk akhirnya. Ia juga menurunkan tali bahu, memotong bagian bawah hingga setengah betis, dan menambahkan celah di kaki kiri, sehingga membuat Bella terlihat memukau dengan gaun putihnya. 

Melansir dari Bored Panda, selain gaun futuristik tersebut, ada cerita yang cukup menakjubkan sebelum pagelaran tersebut dimulai dan bagaimana profesionalnya seorang supermodel asal Amerika tersebut. 



Pada malam sebelum pertunjukkan, seorang model diminta untuk berperan sebagai Bella, namun ia tidak bisa mengendalikan tubuhnya yang menggigil di lokasi runaway. Apalagi, saat bahan semprot yang terasa begitu dingin mengenai kulitnya. Namun, hal itu justru tak nampak ketika Bella yang berdiri di runaway tersebut. 

"Saya sangat gugup," kata Bella di belakang panggung, karena itu akan menjadi pengalaman pertamanya disemprot seperti dilansir NYTimes.  Tapi dia tidak membiarkannya muncul. Dia terlihat kuat dan lembut, kadang-kadang mengangkat tangannya di atas kepalanya dengan gaya elegan, atau menawarkan sedikit senyum pada orang-orang yang bekerja padanya. 

"Saya pikir itu adalah momen terbaik dalam hidup saya," katanya kepada kru, teman, dan sesama model, seperti Kylie Jenner, yang berkumpul untuk memberi selamat kepada Bella dan menyentuh gaun alien di tubuhnya.

Lebih lanjut, dibalik cerita gaun putih tersebut, Coperni bekerjasama dengan Doctor Manel Torres, Pendiri dan Direktur Pelaksana Fabrican Ltd. Mereka menggunakan kain semprot yang setelah disemprotkan dapat mengering untuk membuat tekstil non-anyaman sehingga bisa dipakai. Itu dapat dibuat menggunakan berbagai jenis serat, muldai dari yang alami hingga sintetis, termasuk wol, kapas, nilon, selulosa, dan serat nano karbon.

Berbasis di London Bioscience Innovation Center, Dokter Torres telah mengerjakan teknologi multifaset ini sejak tahun 2003. Suspensi cair padatan yang terdistribusi halus dalam cairan, yang tidak larut diterapkan melalui pistol semprot atau aerosol ke permukaan untuk menciptakan kain. Ikatan silang dari serat yang menempel satu sama lain, menciptakan kain non-anyaman instan.

"Kami ingin mendedikasikan momen ini untuk Dr Torres, karena kami sangat menghormati apa yang dia lakukan. Kami merasa bahwa dia sangat penting untuk memimpin pertunjukan bagi kami, itu membuat pengalaman menjadi lebih ajaib," jelas Arnaud Vaillant, salah satu pendiri Coperni. 

(yyy)

MOST SEARCH