YOUR FASHION
Representasi Keanggunan Perempuan dalam Koleksi Hidah Pratama Fashion
Yuni Yuli Yanti
Selasa 13 Mei 2025 / 10:00
Jakarta: Industri modest fashion lokal kembali diramaikan dengan hadirnya sebuah brand baru bertajuk "Hidah Pratama Fashion." Didirikan oleh seorang perempuan inspiratif asal Bima, Nusa Tenggara Barat, Hidah Pratama, merek modest ini ini resmi diluncurkan pada Jumat (9/5/2025) di Prosochi Mediterranean, Jakarta.
Menurut Hidah, jenama ini merupakan wujud dari perjalanan dan nilai hidup yang ia pegang teguh, yakni keanggunan, kesopanan, dan kekuatan perempuan.
"Saya ingin Hidah Pratama Fashion hadir sebagai local modest fashion brand yang dapat menjadi rumah dan sahabat bagi perempuan Indonesia yang ingin tampil elegan tanpa harus meninggalkan nilai-nilai kesopanan. Saya percaya bahwa perempuan bisa kuat, mandiri, dan tetap anggun dalam segala hal, termasuk dalam berpakaian," ujar wanita yang akrab disapa Bunda Hidah dalam konferensi pers.
Koleksi perdananya menghadirkan siluet yang longgar namun tegas, dengan pilihan warna-warna lembut dan elegan, menjadikannya cocok untuk perempuan aktif yang anggun dan nyaman di berbagai kesempatan.

(Ruben sebagai salah satu Muse dalam acara trunk show koleksi Hidah Pratama Fashion. Foto: Dok. Istimewa)
Selain itu, brand ini juga menanamkan nilai kebersamaan dan pemberdayaan melalui model
business-to-business (B2B) atau biasa dikenal dengan konsep reseller, yang akan membuka peluang usaha baru bagi siapa pun dari berbagai daerah.
"Hidah Pratama Fashion mendorong terciptanya komunitas perempuan yang saling mendukung dan tumbuh bersama. Program pelatihan, workshop, hingga sesi berbagi pengalaman akan menjadi
bagian dari strategi pemberdayaan yang menyeluruh," jelas Bunda Hidah.
"Saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari peluncuran Hidah Pratama Fashion. Koleksinya sangat nyaman dipakai, desainnya anggun, dan yang paling penting, saya bisa merasakan nilai dan pesan yang ingin disampaikan oleh brand ini kepada perempuan Indonesia. Tidak hanya melalui kualitas dari koleksi-koleksinya, tetapi juga melalui konsep bisnisnya untuk merangkul para perempuan Indonesia diluar sana maju bersama," ungkap Adelia Pasha.

(Bundah Hidah Pratama. Foto: Dok. Istimewa)
Dengan peluncuran ini, Hidah Pratama Fashion menegaskan dirinya bukan hanya sebagai
label fashion, tapi juga gerakan positif untuk memajukan industri fashion lokal yang inklusif, bermakna, dan memberdayakan.
"Melalui media sosial dan berbagai platform digital, kami ingin lebih dekat dengan
perempuan Indonesia, mengajak mereka untuk berbagi cerita, inspirasi, dan semangat
melalui busana," pungkas Bunda Hidah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(yyy)
Menurut Hidah, jenama ini merupakan wujud dari perjalanan dan nilai hidup yang ia pegang teguh, yakni keanggunan, kesopanan, dan kekuatan perempuan.
"Saya ingin Hidah Pratama Fashion hadir sebagai local modest fashion brand yang dapat menjadi rumah dan sahabat bagi perempuan Indonesia yang ingin tampil elegan tanpa harus meninggalkan nilai-nilai kesopanan. Saya percaya bahwa perempuan bisa kuat, mandiri, dan tetap anggun dalam segala hal, termasuk dalam berpakaian," ujar wanita yang akrab disapa Bunda Hidah dalam konferensi pers.
Perpaduan budaya lokal
Hidah Pratama Fashion tidak hanya menghadirkan koleksi busana, tetapi juga membawa misi sosial. Setiap desain yang dihadirkan merupakan hasil dari proses kreatif yang memadukan budaya lokal dengan kualitas dan sentuhan modern.Koleksi perdananya menghadirkan siluet yang longgar namun tegas, dengan pilihan warna-warna lembut dan elegan, menjadikannya cocok untuk perempuan aktif yang anggun dan nyaman di berbagai kesempatan.

(Ruben sebagai salah satu Muse dalam acara trunk show koleksi Hidah Pratama Fashion. Foto: Dok. Istimewa)
Selain itu, brand ini juga menanamkan nilai kebersamaan dan pemberdayaan melalui model
business-to-business (B2B) atau biasa dikenal dengan konsep reseller, yang akan membuka peluang usaha baru bagi siapa pun dari berbagai daerah.
"Hidah Pratama Fashion mendorong terciptanya komunitas perempuan yang saling mendukung dan tumbuh bersama. Program pelatihan, workshop, hingga sesi berbagi pengalaman akan menjadi
bagian dari strategi pemberdayaan yang menyeluruh," jelas Bunda Hidah.
Sahabat perempuan Indonesia
Di acara mini show Hidah Pratama Fashion, lebih dari 10 muse dari berbagai latar belakang profesi yang turut berpartisipasi dalam pagelaran trunk show. Salah satunya adalah aktris sekaligus istri dari Pasha Ungu, Adelia Pasha yang turut memberikan dukungannya terhadap brand ini serta mengapresiasi kualitas dan nilai-nilai yang diusung."Saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari peluncuran Hidah Pratama Fashion. Koleksinya sangat nyaman dipakai, desainnya anggun, dan yang paling penting, saya bisa merasakan nilai dan pesan yang ingin disampaikan oleh brand ini kepada perempuan Indonesia. Tidak hanya melalui kualitas dari koleksi-koleksinya, tetapi juga melalui konsep bisnisnya untuk merangkul para perempuan Indonesia diluar sana maju bersama," ungkap Adelia Pasha.

(Bundah Hidah Pratama. Foto: Dok. Istimewa)
Dengan peluncuran ini, Hidah Pratama Fashion menegaskan dirinya bukan hanya sebagai
label fashion, tapi juga gerakan positif untuk memajukan industri fashion lokal yang inklusif, bermakna, dan memberdayakan.
"Melalui media sosial dan berbagai platform digital, kami ingin lebih dekat dengan
perempuan Indonesia, mengajak mereka untuk berbagi cerita, inspirasi, dan semangat
melalui busana," pungkas Bunda Hidah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(yyy)