YOUR FASHION

Fashionista, Ini Lho Alasannya Harga Tas Birkin Hermès Dibanderol Sangat Mahal

Yuni Yuli Yanti
Selasa 27 Agustus 2024 / 10:00
Jakarta: Digambarkan sebagai tas yang praktis, penuh gaya, dan sangat diminati, tas Birkin Hermès telah menjadi ikon dunia mode sejak pertama kali muncul pada tahun 1984. 

Trennya pun semakin naik daun sejak para selebriti maupun influencer dari berbagai dunia yang gemar memamerkan koleksi tas Birkin dari brand mewah asal Perancis tersebut di media sosial mereka.  

Melansir dari laman Global Boutique, tas jinjing yang sangat modis ini diketahui terinspirasi dari legenda sinema dan lagu Prancis, Jane Birkin.

Didirikan pada tahun 1837, rumah mode Hermès benar-benar menggemparkan dunia tas pada akhir tahun 1900-an. Pada tahun 1950-an, Hermès memperkuat reputasinya dengan tas Kelly dan hubungannya dengan ikon fesyen dan Putri Monako, Grace Kelly.

Beberapa dekade kemudian, pada tahun 1984, CEO perusahaan saat itu, Jean-Louis Dumas, duduk di samping mantan inspirasi dan mitra Serge Gainsbourg, Jane Birkin, dalam penerbangan Paris-London.

Pada kesempatan pertemuan ini, kantong jerami Birkin meledak. Hal ini menyebabkan Birkin menjelaskan kepada Dumas kebutuhannya akan tas akhir pekan berbahan kulit yang bergaya namun praktis.

Terinspirasi oleh interaksi spontan ini, Dumas membuat beberapa perubahan pada desain lama Hermès, tas Haut à Courroies. Beberapa kompartemen tambahan ditambahkan ke desain asli tahun 1900, termasuk kompartemen untuk botol bayi.

Meski awalnya menyukai desain tersebut, Jane Birkin akhirnya berhenti menggunakan tas tersebut. Meski ukurannya besar, penyanyi tersebut mengaku tasnya masih belum cukup besar untuk menampung barang-barang yang perlu dibawanya.

Namun, sejak itu juga tas Birkin menjadi salah satu aksesori yang paling dicari di dunia; khususnya sekitar akhir tahun 90an dan awal tahun 2000an, ketika model seperti Kate Moss mulai mendukung Birkins.



 

Lantas, apa yang membuat harga tas Birkin jadi sangat mahal?

Tas Birkin Hermès penuh gaya, elegan, dan ikonik, belum lagi merupakan simbol kemewahan yang mutlak. Namun, bukan hanya itu yang membuat harganya melambung tinggi. Pasalnya, banyak juga rumah mode Perancis terkemuka lainnya yang memproduksi dan menjual tas kulit dengan harga jauh lebih terjangkau.

Berikut ini beberapa alasan harga tas Birkin Hermès begitu mahal, antara lain: 

1. Proses produksi

Sejak didirikan pada tahun 1837, Hermès tidak berbuat banyak untuk mengubah proses produksinya. Meskipun perusahaan telah mengalihkan fokusnya dari pelana kuda ke tas tangan, dedikasinya terhadap detail dan pengerjaan tetap sama. Tidak ada bagian dari lini produksi Hermès yang diselesaikan dengan mesin, semua Birkin dibuat dengan tangan oleh pengrajin ahli.

Inilah salah satu alasan mengapa tas Birkin begitu eksklusif. Mungkin diperlukan waktu beberapa hari bagi pengrajin untuk menyelesaikan satu tas Birkin saja. Setelah tas dibuat, tas tersebut menjalani proses pengujian yang cukup ketat untuk memastikan ketahanannya. Secara keseluruhan, proses produksi Birkin tergolong lama. Periode produksi yang lama ini sebagian menjelaskan mengapa tas-tas ini begitu mahal.
 

2. Bahan utama langka 

Kulit buaya merupakan kulit eksotik termahal di pasaran, hal ini menjelaskan tingginya harga Diamond dan Himalaya Birkin. Namun bagaimana dengan tas Birkin lainnya yang diproduksi Hermès?

Kulit standar Hermès juga mahal, termasuk Box Calf, Clemence, Epsom, dan Togo. Hermès juga menggunakan kulit Barenia untuk beberapa tas, yang merupakan kulit termahal dan langka dari semua kulitnya. Selain bahan utamanya, banyak Birkin yang bertatahkan berlian dan dilengkapi perangkat keras emas putih. Hal ini juga meningkatkan nilai Birkins secara besar-besaran.
 

3. Jumlah produksi terbatas

Seperti yang telah disebutkan, pembuatan Birkin membutuhkan waktu berhari-hari. Mereka tidak diproduksi secara massal dan edisi terbatas biasanya dirilis dalam jumlah kecil. Hanya sejumlah tertentu yang diproduksi setiap tahun, terlepas dari berapa banyak pesanan yang diterima Hermès.

Saat kamu membeli Birkin, pada dasarnya kamu membayar untuk tas edisi terbatas. Tas yang dibeli mungkin tidak akan tersedia tahun depan. Ketersediaan terbatas dan permintaan yang tinggi merupakan penyebab utama mengapa Birkins begitu mahal, terutama di pasar penjualan kembali.
 

4. Distribusi eksklusif

Hanya ada 10 butik Hermès di Inggris. Jika dibandingkan dengan rumah mode besar lainnya, jumlahnya sangat terbatas. Tak hanya itu, 10 butik Hermès ini stoknya tidak konsisten. Birkin tiba pada waktu yang acak dan dalam urutan yang acak. Model, ukuran, dan fitur Birkin yang tersedia sangat bervariasi. Sifat distribusi Birkin yang tidak dapat diprediksi dan eksklusif juga berkontribusi terhadap kenaikan harga tas mereka.
 

5. Permintaan selebriti dan kolektor

Penyanyi Jane Birkin bukan satu-satunya selebritas yang dikaitkan dengan tas Birkin. Kate Moss, Pippa Middleton, Kim Kardashian, dan Victoria Beckham semuanya dikenal sebagai kolektor tas ikonik Hermès.

Hal ini tidak hanya berarti bahwa banyak tas Hermès yang dibeli lebih awal oleh para selebritas besar, namun hal ini juga meningkatkan nilainya. Selebriti ini jelas memengaruhi permintaan tas.

Ketika menjual kembali Birkins, pemilik tas jenis ini juga dapat dengan mudah menaikkan harga yang diminta karena besarnya permintaan yang dipengaruhi oleh para selebriti. 



 

6. Pengaruh pemasaran dan branding

Hermès tidak menginvestasikan banyak uang untuk mempromosikan Birkins atau produk mereka. Dalam hal ini, mereka adalah perusahaan yang dipimpin oleh produk. Pengaruh tas dan status selebriti mengurangi kebutuhan akan kampanye pemasaran besar-besaran.

Kurangnya pemasaran membuat Hermès menjadi merek yang lebih diminati, menempatkan mereka satu tingkat di atas merek-merek premium yang menginvestasikan banyak uang dalam periklanan. Pendekatan unik ini memberikan Hermès kualitas yang sulit dipahami dan tak tersentuh.

Ditambah lagi, pemasaran lebih cocok untuk produk yang diproduksi secara massal. Tidaklah masuk akal untuk mengiklankan tingkat produksi Hermès yang terbatas seluas produk merek lain.
 

7. Reputasi merek Hermès

Hermès telah mempertahankan reputasi yang baik berkat komitmennya terhadap kualitas, keahlian, dan desain. Jika mereka memproduksi suatu barang secara massal, kualitas dan rasa hormat yang mereka terima akan segera menurun. Reputasi ini menguntungkan mereka dalam hal penjualan tas.
 

8. Selebriti dan pengaruh media sosial

Hermès menggunakan selebriti dengan cara yang sama seperti merek lain menggunakan kampanye iklan secara luas. Perusahaan ini mengandalkan seorang Kardashian yang terlihat memegang tas Birkin, atau dibagikan di Instagram oleh seorang selebriti. Ini saja sudah cukup untuk promosi Birkin.

Ini sangat masuk akal jika kamu mempertimbangkan fakta bahwa Birkin dan Kelly diberi nama sesuai nama selebriti. Perusahaan ini menghibahkan tas-tas selebritas berpengaruh dari jajaran produk mereka agar lebih diminati oleh masyarakat umum.
 

9. Nilai dan simbol status

Orang dengan kekayaan tertentu suka memamerkan kekayaannya dengan simbol status. Berkat pengaruh selebriti, tas Birkin telah menjadi simbol status utama dunia mode. Orang ingin terlihat mengenakan Birkin atau Kelly. Hal ini terlihat dari banyaknya tas Birkin palsu yang dibuat dan dipakai setiap tahunnya.
 

10.  Tas Birkin sebagai investasi

Tas Birkin akan selalu menjadi investasi yang bagus, karena nilainya akan selalu meningkat. Pada awal tahun 2023, nilai tas Hermès Birkin (dan tas Kelly) meningkat sekitar 8-10 persen. Untuk memberikan kamu statistik yang lebih mengesankan: nilai jual kembali Birkins telah meningkat lebih dari 500 persen sejak tahun 1980an.

Karena tas ini sangat dicari dan karena nilainya meningkat setiap tahun, kamu akan selalu mendapat untung dari tas Birkin.

Tas jinjing ikonik ini banyak dicari, mahal, dan edisi terbatas. Jadi, jika Birkin milikmu dirawat dengan baik, kamu pasti bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi. Pasalnya, banyak orang melihat Birkins sebagai barang investasi dibandingkan sekadar aksesori fesyen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(yyy)

MOST SEARCH