End Google Analytics -->
WISATA

10 Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Galungan untuk Teman, Kekasih, dan Keluarga

Medcom
Selasa 03 Januari 2023 / 17:35
Jakarta: Umat Hindu akan memperingati Hari Raya Galungan. Hari raya ini diperingati setiap 210 hari sekali dengan menggunakan perhitungan kalender Bali. Jadi sebenarnya apa itu Hari Raya Galungan?

Galungan sendiri berasal dari bahasa Jawa Kuno, artinya bertarung. Disebut juga sebagai 'dungulan', artinya menang. Perbedaannya hanya dalam penyebutan yakni Wuku Galungan (di Jawa) dan Wuku Dungulan (di Bali), namun artinya sama yaitu wuku yang kesebelas.

Hari Raya Galungan ini diperingati sebagai bentuk penyatuan kekuatan rohani, agar mendapatkan pikiran serta pendirian yang tenang bagi umat.

Hari raya ini dilaksanakan dengan perhitungan kalender Bali, yaitu hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Hari Raya Galungan dimaknai kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan aDharma (Keburukan), di mana saat Budha Kliwon wuku Dunggulan, kita merayakan dan mengaturkan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan YME).
 

Makna Galungan


Lontar Sunarigama menjelaskan makna Galungan, yaitu "Budha Kliwon Dungulan Ngaran Galungan patitis ikang janyana samadhi, galang apadang maryakena sarwa byapaning idep".

Arti dari penjelasan di atas adalah "Rabu Kliwon Dungulan namanya Galungan, arahkan bersatunya rohani supaya mendapatkan pandangan yang terang untuk melenyapkan segala kekacauan pikiran".

Hari Raya Galungan ini menyatukan kekuatan rohani agar mendapat pikiran dan pendirian yang terang. Bersatunya rohani dan pikiran yang terang inilah wujud dharma dalam diri. Sedangkan, segala kekacauan pikiran itu (byaparaning idep) adalah wujud adharma. 


(Perayaan Galungan dan Kuningan kini jatuh pada tanggal 4 - 14 Januari 2022. Seluruh umat Hindu di Bali akan menuju ke Pura di sekitar dengan mengenakan pakaian adat perayaan yang diwarnai warna putih. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)
 

Ide untuk mengucapkan Hari Raya Galungan


Setelah mengetahui Hari Raya Galungan, tentu kamu ingin sekali mengucapkan peringatan ini kepada teman, keluarga, atau kekasihmu. Ini 10 rekomendasi untukmu mengucapkan Hari Raya Galungan:
 

Dalam Bahasa Bali


1. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan, Semeton. Dumogi rahayu sareng sami
(Selamat Hari Raya Galungan, saudaraku. Semoga sejahtera untuk kita semua)

2. Rahajeng rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi Ida Sang Hyang Widhi Wasa ngicen kerahayuan
(Selamat menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa berikan kesejahteraan dan keselamatan)

3. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi sami ngemanggihin kerahayuan lan kerahajengan
(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga semua makhluk dapatkan kesejahteraan dan keselamatan)

4. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan. Dumogi sami polih kerahayuan ring rahina becik puniki
(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita semua diberi keselamatan dan kesejahteraan di hari yang baik ini)

5. Rahajeng Rahina Galungan lan Kuningan, ida dane sareng sami, pamekasnyane umat sedharma
(Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, kepada kita semua, khususnya umat Hindu).
 

Dalam Bahasa Indonesia


6. Selamat Hari Raya Galungan. Semoga kita semua mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian yang datang dari segala penjuru, serta temukan keberkahan dalam hidup

7. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Sudah saatnya kebaikan mengalahkan keburukan, serta memberikan kedamaian bagi kita semua

8. Selamat merayakan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Dengan datangnya hari suci ini, semoga ajaran Dharma selalu menjadi penuntun untuk raih kedamaian, keharmonisan, serta kesejahteraan dalam kehidupan

9. Selamat Hari Raya Galungan. Semoga kemenangan Dharma atas Adharma selalu bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari kita di dunia

10. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga dengan selalu mengamalkan perbuatan baik selama hidup, maka kita bisa temukan kebahagiaan pada kehidupan selanjutnya



Aulia Putriningtias 

(TIN)

MOST SEARCH