WISATA

4 Rekomendasi Wisata Bandung Saat Libur Lebaran

Sri Yanti Nainggolan
Selasa 03 Mei 2022 / 10:09
Jakarta: Salah satu kegiatan saat mengisi libur Lebaran adalah berwisata. Bandung adalah kota yang menyajikan berbagai jenis wisata, dari yang murah hingga mistis. 

Bagi yang bekerja di ibu kota, Bandung adalah pilihan tepat untuk berlibur. Sebab, Bandung terkenal dengan panorama alamnya yang indah.

Bagi Anda yang tertarik untuk berwisata ke Bandung saat libur Lebaran, berikut  beberapa pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjugi di Negeri Pasundan. 

Baca: Objek Wisata di Bandung Bersiap Sambut Lonjakan Wisatawan Libur Lebaran

1. Wisata alam dan kuliner di Bandung

Lembang dan Ciwidey adalah paket lengkap wisata alam dan kuliner di Bandung. Kocek yang dikeluarkan pun tak banyak untuk masuk tempat wisata di sana. 

Beberapa lokasi wisata di sana adalah Situ Cileunca  di Pengalengan (tiket masuk Rp5.000 per orang) atau Ciwangun Indah Camp di Parongpong (tiket masuk Rp10.000). 

Suasana di Situ Cileunca. (Foto: The Cabin Ciluenca)
Suasana di Situ Cileunca. (Foto: The Cabin Ciluenca)?
 

2. Wisata kuliner di Bandung 

Untuk wisata kuliner di Bandung yang murah Anda bisa menjajal Mie Kocok Pak Haji Endan di Setia Budi, Dago, atau Braga. Seporsi mie kocoknya hanya Rp15.000 saja.
 
Selain itu ada Batagor Ihsan yang sudah terkenal yang berada di Cikawao, dan harganya sekitar Rp8.500. Tempat kuliner murah lainnya di Bandung Anda bisa mencoba Prasmanan Ceu' Mar di Jalan Banceuy, Lotek Macan di Lodaya Bandung, Mie Merapi di Bandung, dan penyuka pedas bisa mencoba Bakso Hot Jeletot di Jalan Soekarno-Hatta, Cinambo, Bandung.
 
 

3. Wisata sejarah di Bandung 

Anda bisa mengunjungi Gua Belanda yang berada di Taman Hutan Raya Juanda, Cimenyan, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, atau Gedung Indonesia Menggugat yang menyimpan sejarah Indonesia di Bandung. 
 
Selain tiga tempat di atas, Anda bisa melihat wisata heritage di Villa Isola dengan desain arsitektur unik di Jalan Dr Setiabudhi. Pilihan lainnya NI Escompto NIJ di Jalan Asia-Afrika. Keunikan bangunan ini bisa Anda lihat melalui jamnya. Angka-angkanya masih tertulis dengan angka Romawi.

Pilihan wisata heritage di Bandung lainnya adalah Museum Konferensi Asia Afrika, De Majestic, Gedung Sate, atau Dakken yang merupakan rumah zaman kolonial Belanda.

Vila Isola Bandung (Foto: @guggyguggy @infobdgcom)
Vila Isola Bandung (Foto: @guggyguggy @infobdgcom)

Baca: Objek Wisata di Bandung Bersiap Sambut Lonjakan Wisatawan Libur Lebaran

4. Wisata misteri di Bandung

Gua Belanda Dago Pakar memiliki cerita misteri. Mitosnya, Anda tidak boleh mengatakan kata 'Lada'. Kata tersebut merupakan nama tokoh setempat yang dikultuskan.
 
Selain ke tempat di atas, Anda bisa mencoba untuk menguji nyali ke Bandung Medical Center, berlokasi di lapangan Gasibu, Bandung. Sebenarnya rumah sakit tersebut pernah direnovasi, tapi karena terjadi masalah saat pembangunannya, sampai saat ini rumah sakit tersebut dibiarkan terbengkalai dan hanya dijaga oleh beberapa orang.
(SYN)

MOST SEARCH