WISATA

Hutan Keladi Eksotis di Fatumnasi

Arthurio Oktavianus Arthadiputra
Selasa 11 Mei 2021 / 18:38
Timor Tengah Selatan: Hutan Fatumnasi dikenal memiliki beragam pesona vegetasi unik. Satu antaranya adalah hutan yang penuh hamparan tanaman keladi. Dedaunan keladi menciptakan suasana eksotis yang tak bisa ditemukan di tempat lain.

Hutan keladi Fatumnasi berada di wilayah Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Lokasi hutan ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 35 kilometer dari kota Soe, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Selatan. 

Jalan menuju lokasi Hutan Keladi di Fatumnasi cukup mulus. Perjalanan akan terasa menyenangkan karena pemandangan alam yang dilewati begitu memesona.

Geografi alam di Fatumnasi berkelok-kelok. Kadang berkabut dan udara pegunungan bisa terhirup segar. Sangat alami dan bebas polusi. Sisi jalan banyak tumbuhan kasuari, ampupu dan padang sabana yang membentang luas.

Fatumnasi termasuk dalam wilayah Cagar Alam Mutis yang memiliki wilayah terbasah di Pulau Timor. Tak heran bila wilayah ini termasuk daerah subur dan menjadi pusat perkebunan sayur mayur dan buah-buahan. 


hutan keladi
(Hutan Keladi Fatumnasi merupakan destinasi yang mulai ramai dikunjungi para traveler. Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)


Sayuran yang ditanam penduduk antara lain wortel, labu jepang, kentang dan kacang-kacangan. Ada juga bawang bombai, bawang putih, bawang merah, ubi jalar, ubi kayu dan keladi. Keladi hutan merupakan bahan makanan penduduk bila masuk musim paceklik. 

Tanaman keladi tumbuh subur. Selain di kebun penduduk, tanaman ini tumbuh di hutan. Selain itu, penduduk juga menggunakan keladi sebagai pakan ternak babi.

Hamparan tanaman keladi tumbuh diantara pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Nuansa magis nan eksotis di hutan keladi akan semakin terasa saat muncul kabut tipis yang menari di sela tanaman hutan. 

Rimbunnya tumbuhan keladi yang terhampar luas dengan daun beraneka ukuran, menjadi daya tarik tersendiri dan mulai ramai dibidik pengunjung sebagai latar berfoto. Bahkan, saking eksotisnya, Hutan Keladi dijadikan lokasi melakukan foto pre-wedding.

Hutan Keladi Fatumnasi bak zamrud yang menyeruak dari permukaan bumi dan menyuguhkan sisi lain destinasi di tanah Timor. 
(TIN)

MOST SEARCH