WISATA

5 Tempat Misterius di Gunung Semeru, Angker atau Mitos?

Cindy
Minggu 05 Desember 2021 / 15:30
Jakarta: Gunung Semeru meluapkan lahar dan guguran awan panas pada Sabtu, 4 Desember 2021. Data Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) hingga pagi tadi, total sebanyak 13 orang meninggal dunia dan 41 orang mengalami luka bakar. 

Sebanyak 902 warga juga terpaksa mengungsi. Mereka tersebar di Kecamatan Pronojiwo, Kecamatan Candipuro, dan Kecamatan Pasirian, Jawa Timur. Sebelum terjadi erupsi, Gunung Semeru merupakan salah satu lokasi pendakian terfavorit di Pulau Jawa. 

Popularitas gunung setinggi  3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu semakin terangkat setelah film 5 cm. Film produksi Sunil Soraya pada 2012 itu memperlihatkan keindahan alam Gunung Semeru. 

Di balik indahnya fenomena alam di sepanjang jalur pendakian, Gunung Semeru juga menyimpan kisah misteri yang berkembang di kalangan pendaki. Berikut tempat yang dipenuhi hawa misteri di Gunung Semeru dikutip dari berbagai sumber:

1. Arcopodo

Misteri Gunung Semeru selanjutnya, yakni dua patung bersejarah di area Arcopodo. Area Arcopodo merupakan dataran luas di kaki Gunung Semeru yang sering dipakai sebagai tempat peristirahatan para pendaki. 

Orang-orang yang memiliki mata batin dikatakan dapat melihat dua pasang arca prajurit dari era Majapahit di area tersebut. Mereka dipercaya sebagai penjaga Gunung Semeru.

Sebagian orang mengaku melihat arca dengan ukuran sangat besar. Namun, ada pula pendaki yang mengaku melihat arca dalam ukuran kecil. 

2. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo. Instagram @inggrianiinggit.
Ranu Kumbolo. Instagram @inggrianiinggit.

Misteri Gunung Semeru selanjutnya adalah kisah penghuni Ranu Kumbolo. Ranu Kumbolo merupakan danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl di Gunung Semeru. Masyarakat sekitar percaya akan keberadaan dewi berpakaian kebaya kuning di Ranu Kumbolo. 

Para pengunjung dilarang mandi, mencuci, bahkan mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau. Para pengunjung juga dilarang memancing atau menangkap ikan apa pun di danau tersebut. Konon katanya, dewi itu suka menjelma menjadi ikan emas besar yang bertugas menjaga wilayah tersebut.  

Baca: Sejarah Letusan Gunung Semeru, Pertama Kali pada 1818 hingga Desember 2020
 

3. Kawasan Kelik

Kelik menjadi kawasan yang cukup terkenal lantaran menjadi area penghormatan pendaki yang meninggal selama pendakian. Salah satunya, aktivis Soe Hok Gie. 

Sekilas tampak tak menakutkan, namun banyak kejadian horor yang dialami pendaki. Beberapa pendaki sering kesurupan di kawasan Kelik. Lantaran sering terjadi kejadian aneh, setiap pendaki diingatkan untuk menjaga perkataan dan pikiran selama mendaki Gunung Semeru. 

4. Puncak Mahameru

Puncak Mahameru. Foto dailyvoyagers
Puncak Mahameru. Foto: dailyvoyagers.

Mahameru merupakan sebutan puncaknya Gunung Semeru sebagai titik tertinggi di Tanah Jawa. Di balik keindahannya, Puncak Mahameru dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa. 

Menurut sesepuh setempat, Anda bisa mendengar suara bahkan melihat penampakan para dewa dengan bertapa selama berbulan-bulan di gunung ini. Berani coba?

5. Kali Mati

Kawasan Kali Mati merupakan padang rumput seluas 20 hektare yang dipenuhi bunga edelweis dan pohon cemara. Para pendaki menyukai area ini karena dapat mendirikan tenda di tanah yagn datar. 

Di balik indahnya kawasan ini, ada kisah seorang pendaki yang hampir meninggal karena kedinginan. Anehnya, secara tiba-tiba pendaki ini terbangun sendiri. Konon, ia dibangunkan sesosok makhluk gaib yang memeluknya hingga tersadar. 

Dari 5 lokasi misterius Gunung Semeru tersebut, menurut Anda mana kisah yang paling angker? Terlepas dari kebenaran atau mitos lokasi tersebut, Gunung Semeru saat tenang memang wajib masuk daftar dikunjungi bagi Anda mencintai alam. 

Baca: Sejumlah Lokasi Terdampak Erupsi Semeru Belum Terjamah Tim Evakuasi
(CIN)

MOST SEARCH