WISATA

Sejarah Danau Pauh dengan Lanskap Gagahnya Gunung Masurai

A. Firdaus
Sabtu 02 Juli 2022 / 12:27
Jangkat: Danau Pauh merupakan salah satu pesona yang dimiliki Provinsi Jambi. Tempat Danau Pauh ini berada di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

Melansir buku panduan Geopark Merangin, Danau Pauh merupakan satu dari beberapa situs geologi Merangin Geopark. Di mana danau ini terbentuk lantaran adanya aktivitas vulkanik Gunung Masurai Purba.

Berdasarkan peta geologi lembar sungai penuh dan ketahun batuan yang mendasari, Danau Pauh ini merupakan satuan batuan breksi gunung api-tuf. Yang terdiri dari tuf, breksi lahar, dan lava yang tersusun Andesit-Basalt.

Danau Pauh memiliki dinding berbentuk lingkaran dengan rim punggungan terbuka yang berbentuk melingkar dan baian yang terjal di sisi dalam. Danau Pauh kian memesona karena di belakangnya berdiri dengan gagah Gunung Masurai.

Sementara itu menurut General Manager Geopark Marangin, Aris Zainuddin, Danau Pauh ini disebut juga danau mars dan bukan bagian dari letusan Gunung Masurai. Danau ini merupakan letusan dari gunung purba dan akibat dari letusan itu, muncul palung yang dalam di tengah Danau Pauh ini.

"Kedalamannya (palung) sekitar 160 meter. Sehingga Danau Pauh ini tidak direkemondasika untuk melakukan jetski. Sebab airnya tidak pernah surut. Sumber airnya besar sekali dan ini seperti danau Mars, dan danau ini terpisah dari proses letusan Gunung Masurai," ujar Aris saat Coffee Morning di Tepian Danau Pauh.

Untuk menikmati keindahan Danau Pauh, kamu setidaknya harus melakukan perjalanan selama 3 jam dari Ibukota Kabupaten Merangin, Bangko. Namun jika kamu datang dari Kota Jambi, maka harus menempuh perjalanan semakin lama, yaitu sekitar 8 jam lebih.

Menuju ke Danau Pauh, kamu bisa menggunakan baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Sayangnya, masih belum ada transportasi umum yang bisa mengantarkan wisatawan ke objek wisata tersebut.

Kendati demikian, kamu diharapkan datang ke Danau Pauh tidak sendirian. Dengan kata lain, kamu bisa bersama teman-temanmu untuk menikmati Danau Pauh dengan menggunakan jasa travel lokal yang menawarkan paket wisata ke Danau pauh.

Selain berfoto ria, kamu juga bisa keliling Danau Pauh menggunakan perahu boat yang dilengkapi pelampung. Satu kali mengelilingi Danau Pauh kamu cukup membayar Rp10 ribu per orang, dan maksimal perahu diisi oleh 12 penumpang.
(FIR)

MOST SEARCH