WISATA

Melihat Sungai Kabut dari Bukit Tomenas

Arthurio Oktavianus Arthadiputra
Rabu 02 Juni 2021 / 09:00
Timor Tengah Selatan: Memiliki jumlah kecamatan terbanyak di Nusa Tenggara Timur dan luas wilayah 3.947,1 kilometer persegi, Kabupaten Timor Tengah Selatan menyimpan banyak potensi alam yang indah. Seperti Bukit Tomenas yang dikelilingi hutan pinus.

Bukit Tomenas terletak di Desa Fatukoto, Mollo Utara, Timor Tengah Selatan. Lokasi ini berada sekitar 40 kilometer dari Kota Soe, ibu kota kabupaten, dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 45 menit perjalanan.

Suguhan bentang alam yang menakjubkan akan menjadi pemandangan sepanjang perjalanan menuju Bukit Tomenas. Seperti, hamparan padang nan luas, lembah-lembah dan perbukitan khas di wilayah Timur Indonesia.

Ketika berada di Bukit Tomenas, mata traveler akan dimanja oleh suguhan hijau pepohonan, sejauh mata memandang. Terlihat pula kelokan jalan yang melingkari punggung bukit dan mempercantik pemandangan di sekitar bukit.


tomenas
(Bukit Tomenas menyuguhkan pemandangan berupa gumpalan kabut diantara perbukitan Kota Soe, bak aliran sungai kabut yang melingkupi wilayah kota. Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)


Bukan hanya itu, di antara deretan pinus terhampar sabana hijau. Beberapa ekor kuda penduduk yang dilepas liar, kadang terlihat asyik merumput. Ringkihan kuda menambah pesona alam di tanah Timor semakin tak ada duanya.

Menjelang petang, dari ketinggian Bukit Tomenas dan mengarahkan pandangan ke Kota Soe, akan tampak gumpalan kabut diantara perbukitan. Bak aliran sungai kabut yang melingkupi wilayah Kota Soe. 

Pemandangan akan semakin sempurna saat mentari sudah kembali ke peraduannya, lampu rumah penduduk menyala dan serangga alam mulai mendengarkan bunyinya. 

Karena, pijaran lampu di kejauhan seperti kilau bintang dari permukaan bumi yang menyeruak menembus kabut. Suasana yang tenang dan damai di kaki Gunung Mutis, terutama saat musim dingin.

Ada istilah dari penduduk setempat saat musim dingin tiba, Manik Tuin Sufa (musim turis berbunga). Turis yang dimaksud adalah jenis kacang tanaman tahunan sebagai sumber pangan alternatif.

Kacang turis atau yang lebih umum dikenal sebagai kacang gude (Cajanus cajan), menjadi tanaman penduduk di kebun atau pekarangan rumah, yang dilewati sepanjang jalur menuju Gunung Mutis.

Bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Mutis, wilayah hutan pinus dan bukit Tomenas akan dilewati, sebelum masuk ke kawasan Cagar Alam Mutis di Fatumnasi. 

(TIN)

MOST SEARCH