WISATA
Pesona Pariwisata Taiwan dan Posisinya di Pasar Muslim Indonesia
Medcom
Senin 02 September 2024 / 12:30
Jakarta: Pesona pariwisata Taiwan terus memberikan kejutan yang luar biasa. Pada awal 2024, Taiwan juga terpilih sebagai 'Tempat Paling Keren di Dunia 2024' oleh majalah National Geographic Traveler dan dinobatkan oleh CNN sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi pada tahun 2024.
Pada Agustus ini, Taiwan kembali meraih penghargaan sebagai Destinasi Wisata Terbaik di Asia dalam Penghargaan Leisure Lifestyle ke-12 oleh majalah Global Traveler dari Amerika Serikat menjadikannya tempat liburan keluarga yang sempurna.
Melihat berbagai predikat tersebut, tak ayal membuat wisatawan ke Taiwan mulai meningkat. Untuk itu Biro Pariwisata Taiwan secara aktif memperluas pasar di Indonesia, dengan membentuk delegasi pariwisata Taiwan.
Baca juga: Tren Bergeser, Pesona Destinasi Wisata di Hong Kong Mulai Diburu
Setidaknya ada 30 perwakilan dari 12 institusi termasuk agen perjalanan dan asosiasi pariwisata. Delegasi ini berangkat ke Indonesia pada 28 Agustus – 4 September untuk berpartisipasi dalam Astindo Travel Fair (ATF) 2024.
Dalam gelaran ATF 2024 yang diadakan di PIK Avenue, Jakarta Utara, pada Kamis 29 Agustus 2024, Paviliun Taiwan hadir menampilkan berbagai atraksi menarik, seperti pertunjukan tari, DIY kerajinan tangan tradisional, serta mengundang influencer populer seperti Allecia Angeline yang memiliki lebih dari 470 ribu pengikut, dan Chelsea Vasan yang memiliki 149 ribu pengikut, untuk berbagi pengalaman wisata mereka di Taiwan.
Dalam acara tersebut, Paviliun Taiwan menggunakan bubble milk tea, minuman terkenal di seluruh dunia sebagai elemen desain utama, dengan gaya visual yang menawan untuk menampilkan daya tarik kuliner khas Taiwan.
Di Paviliun Taiwan, pengunjung juga diajak untuk merasakan pengalaman membuat teh susu boba, membuat bros dari anyaman rumput alang alami, serta mencetak tas kanvas dengan teknik sablon tradisional. Pengalaman ini membuat pengunjung dapat merasakan teknik tradisional Taiwan dan konsep ramah lingkungan yang berkelanjutan.
Untuk acara di panggung, kelompok tari Taiwan yang terkenal secara internasional, 'Fun to Art' mempersembahkan tarian yang mengangkat kekayaan kuliner yang beragam dan keunikan pariwisata Taiwan melalui koreografi khusus yang berjudul 'Festival Taiwan 2.0' dan 'Jejak Pulau'.
Selama pameran, influencer Allecia Angeline dan Chelsea Vasan ikut bergabung untuk berbagi pengalaman terbaru mereka berwisata ke Taiwan dan menghibur para pengunjung.
Untuk memperkuat posisi Taiwan di pasar Muslim, setelah pameran, delegasi pariwisata Taiwan akan mengadakan Workshop B2B pada tanggal 2 September di Semarang untuk pertama kalinya, tepatnya di Hotel Tentrem Semarang, dan Workshop kedua akan diadakan di Sheraton Surabaya Hotel & Towers pada 3 September.
Kedua acara tersebut akan mengundang lebih dari seratus pelaku usaha lokal. Biro Pariwisata Taiwan akan memperkenalkan informasi pariwisata terbaru di Taiwan, langkah langkah promosi pariwisata yang terbaru, dan program Kuanhong atau program khusus pengajuan visa turis dengan aturan yang telah disederhanakan.
Lebih dari 100 pelaku industri pariwisata setempat nantinya akan diundang dalam acara B2B tersebut untuk berpartisipasi, guna memperkuat kerjasama antara pelaku industri pariwisata Taiwan dan Indonesia, serta menarik lebih banyak wisatawan Muslim ke Taiwan. Hal ini juga untuk memanfaatkan potensi pasar pariwisata yang terus berkembang di Indonesia.

Selain itu, untuk menarik wisatawan Muslim, akan ada ahli Muslim yang memperkenalkan informasi terbaru tentang makanan dan akomodasi ramah Muslim di Taiwan. Melalui penyelenggaraan presentasi produk dan pertemuan antara pelaku wisata, platform komunikasi ini dibangun mendorong kerja sama yang efektif antara pelaku industri pariwisata Taiwan dan Indonesia.
Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, dengan populasi sekitar 270 juta jiwa yang mayoritasnya adalah Muslim. Selama lebih dari satu dekade, Taiwan telah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang ramah Muslim, dan pada tahun 2024, Taiwan terpilih sebagai destinasi wisata non-OKI (Organisasi Kerjasama Islam) terbaik ketiga dalam Global Muslim Travel Index (GMTI).
Pada Februari 2024, Taiwan juga telah membuka Taiwan Tourism Information Center in Jakarta, di mana masyarakat dapat memperoleh informasi terbaru tentang pariwisata Taiwan secara langsung. Selain itu, kantor layanan ini juga membantu para agen perjalanan Indonesia dalam mengemas produk perjalanan secara inovatif, meningkatkan efisiensi komunikasi dengan agen perjalanan Indonesia, dan mempromosikan pariwisata Taiwan.
Sejak pembukaan kantor tersebut, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan meningkat signifikan. Dalam periode Januari hingga Mei 2024, tercatat sebanyak 91.800 wisatawan Indonesia mengunjungi Taiwan, angka ini melampaui periode yang sama sebelum pandemi pada tahun 2019 dan menunjukkan pertumbuhan sebesar 16% dibandingkan tahun sebelumnya.
Saat ini, ada banyak promo menarik untuk berkunjung ke Taiwan. Selain undian 'Keberuntungan Berwisata di Taiwan' yang memberikan hadiah voucher belanja senilai 5.000 dolar Taiwan, terdapat tambahan dana sebesar 100 juta dolar Taiwan yang akan dialokasikan khusus untuk wisatawan Muslim mulai 1 Juli, yang dapat meningkatkan peluang untuk memenangkan undian tersebut.
Selain itu juga terdapat 'Taiwan Pass', sebuah paket tiket elektronik yang menawarkan diskon untuk kereta cepat, MRT, Taiwan Tour Bus, dan juga program tur transit setengah hari.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)
Pada Agustus ini, Taiwan kembali meraih penghargaan sebagai Destinasi Wisata Terbaik di Asia dalam Penghargaan Leisure Lifestyle ke-12 oleh majalah Global Traveler dari Amerika Serikat menjadikannya tempat liburan keluarga yang sempurna.
Melihat berbagai predikat tersebut, tak ayal membuat wisatawan ke Taiwan mulai meningkat. Untuk itu Biro Pariwisata Taiwan secara aktif memperluas pasar di Indonesia, dengan membentuk delegasi pariwisata Taiwan.
Baca juga: Tren Bergeser, Pesona Destinasi Wisata di Hong Kong Mulai Diburu
Setidaknya ada 30 perwakilan dari 12 institusi termasuk agen perjalanan dan asosiasi pariwisata. Delegasi ini berangkat ke Indonesia pada 28 Agustus – 4 September untuk berpartisipasi dalam Astindo Travel Fair (ATF) 2024.
Dalam gelaran ATF 2024 yang diadakan di PIK Avenue, Jakarta Utara, pada Kamis 29 Agustus 2024, Paviliun Taiwan hadir menampilkan berbagai atraksi menarik, seperti pertunjukan tari, DIY kerajinan tangan tradisional, serta mengundang influencer populer seperti Allecia Angeline yang memiliki lebih dari 470 ribu pengikut, dan Chelsea Vasan yang memiliki 149 ribu pengikut, untuk berbagi pengalaman wisata mereka di Taiwan.
Dalam acara tersebut, Paviliun Taiwan menggunakan bubble milk tea, minuman terkenal di seluruh dunia sebagai elemen desain utama, dengan gaya visual yang menawan untuk menampilkan daya tarik kuliner khas Taiwan.
Di Paviliun Taiwan, pengunjung juga diajak untuk merasakan pengalaman membuat teh susu boba, membuat bros dari anyaman rumput alang alami, serta mencetak tas kanvas dengan teknik sablon tradisional. Pengalaman ini membuat pengunjung dapat merasakan teknik tradisional Taiwan dan konsep ramah lingkungan yang berkelanjutan.
Untuk acara di panggung, kelompok tari Taiwan yang terkenal secara internasional, 'Fun to Art' mempersembahkan tarian yang mengangkat kekayaan kuliner yang beragam dan keunikan pariwisata Taiwan melalui koreografi khusus yang berjudul 'Festival Taiwan 2.0' dan 'Jejak Pulau'.
Selama pameran, influencer Allecia Angeline dan Chelsea Vasan ikut bergabung untuk berbagi pengalaman terbaru mereka berwisata ke Taiwan dan menghibur para pengunjung.
Memperkuat Pasar Muslim
Untuk memperkuat posisi Taiwan di pasar Muslim, setelah pameran, delegasi pariwisata Taiwan akan mengadakan Workshop B2B pada tanggal 2 September di Semarang untuk pertama kalinya, tepatnya di Hotel Tentrem Semarang, dan Workshop kedua akan diadakan di Sheraton Surabaya Hotel & Towers pada 3 September.
Kedua acara tersebut akan mengundang lebih dari seratus pelaku usaha lokal. Biro Pariwisata Taiwan akan memperkenalkan informasi pariwisata terbaru di Taiwan, langkah langkah promosi pariwisata yang terbaru, dan program Kuanhong atau program khusus pengajuan visa turis dengan aturan yang telah disederhanakan.
Lebih dari 100 pelaku industri pariwisata setempat nantinya akan diundang dalam acara B2B tersebut untuk berpartisipasi, guna memperkuat kerjasama antara pelaku industri pariwisata Taiwan dan Indonesia, serta menarik lebih banyak wisatawan Muslim ke Taiwan. Hal ini juga untuk memanfaatkan potensi pasar pariwisata yang terus berkembang di Indonesia.

Selain itu, untuk menarik wisatawan Muslim, akan ada ahli Muslim yang memperkenalkan informasi terbaru tentang makanan dan akomodasi ramah Muslim di Taiwan. Melalui penyelenggaraan presentasi produk dan pertemuan antara pelaku wisata, platform komunikasi ini dibangun mendorong kerja sama yang efektif antara pelaku industri pariwisata Taiwan dan Indonesia.
Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, dengan populasi sekitar 270 juta jiwa yang mayoritasnya adalah Muslim. Selama lebih dari satu dekade, Taiwan telah berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang ramah Muslim, dan pada tahun 2024, Taiwan terpilih sebagai destinasi wisata non-OKI (Organisasi Kerjasama Islam) terbaik ketiga dalam Global Muslim Travel Index (GMTI).
Pada Februari 2024, Taiwan juga telah membuka Taiwan Tourism Information Center in Jakarta, di mana masyarakat dapat memperoleh informasi terbaru tentang pariwisata Taiwan secara langsung. Selain itu, kantor layanan ini juga membantu para agen perjalanan Indonesia dalam mengemas produk perjalanan secara inovatif, meningkatkan efisiensi komunikasi dengan agen perjalanan Indonesia, dan mempromosikan pariwisata Taiwan.
Sejak pembukaan kantor tersebut, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan meningkat signifikan. Dalam periode Januari hingga Mei 2024, tercatat sebanyak 91.800 wisatawan Indonesia mengunjungi Taiwan, angka ini melampaui periode yang sama sebelum pandemi pada tahun 2019 dan menunjukkan pertumbuhan sebesar 16% dibandingkan tahun sebelumnya.
Saat ini, ada banyak promo menarik untuk berkunjung ke Taiwan. Selain undian 'Keberuntungan Berwisata di Taiwan' yang memberikan hadiah voucher belanja senilai 5.000 dolar Taiwan, terdapat tambahan dana sebesar 100 juta dolar Taiwan yang akan dialokasikan khusus untuk wisatawan Muslim mulai 1 Juli, yang dapat meningkatkan peluang untuk memenangkan undian tersebut.
Selain itu juga terdapat 'Taiwan Pass', sebuah paket tiket elektronik yang menawarkan diskon untuk kereta cepat, MRT, Taiwan Tour Bus, dan juga program tur transit setengah hari.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)