WISATA

Hari Pariwisata Dunia 2025: tiket.com Dorong Transformasi Pariwisata Berkelanjutan

Fatha Annisa
Rabu 01 Oktober 2025 / 18:47
Jakarta: Hari Pariwisata Dunia 2025 mengusung tema global “Tourism and Sustainable Transformation”. Tema ini mengajak industri pariwisata melindungi bumi sekaligus
membuka peluang bagi komunitas lokal.
 
Secara global, tren perjalanan berkelanjutan terus menguat. Menurut World Tourism Organization, 83% wisatawan percaya keberlanjutan itu penting, sementara 75% berencana
membuat pilihan ramah lingkungan dalam setahun ke depan. Angka tersebut naik 16% bila
dibandingkan pada 2021.
 
Tren serupa juga terlihat di Indonesia. Kementerian Pariwisata RI melaporkan perjalanan wisata domestik mencapai 282,41 juta pada kuartal pertama 2025, naik 12,71% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
Lonjakan tersebut menunjukkan peluang besar untuk mengarahkan pertumbuhan sektor ke praktik pariwisata yang lebih inklusif dan berkelanjutan, sehingga memberdayakan masyarakat di berbagai daerah.
 
Di tengah momentum ini, tiket.com hadir sebagai penggerak transformasi berkelanjutan. Komitmen tersebut diwujudkan sebagai bagian dari Blibli Tiket Action, sebuah payung inisiatif keberlanjutan yang menyatukan praktik ESG (ramah lingkungan, pemberdayaan sosial, dan tata kelola yang baik) di seluruh ekosistem Blibli Tiket.
 
“Pariwisata bukan hanya pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lain, tapi tentang menciptakan dampak. Kami percaya perjalanan bisa menjawab tantangan keberlanjutan, mendorong pertumbuhan inklusif, dan memberi manfaat bagi masyarakat sekaligus bumi,” ujar Gaery Undarsa, Co-Founder; CMO, tiket.com, dalam pernyataan resminya, Rabu, 1 Oktober 2025.

 
Baca juga: Menikmati Destinasi Wisata yang Lagi Viral, Cisalada Bogor
 

Jagoan Pariwisata dan tiket Green

Salah satu inisiatif unggulan tiket.com adalah program Jagoan Pariwisata. Program ini memberikan pendampingan, pelatihan, dan pembekalan digital bagi pelaku usaha desa wisata untuk mendukung industri pariwisata berkelanjutan.
 
“Dengan Jagoan Pariwisata, kami memberdayakan pelaku usaha desa wisata agar dapat
berbagi cerita tentang destinasi mereka, sekaligus membimbing mereka membangun masa
depan usaha yang berkelanjutan,” tegas Gaery.
 
Hingga 2025, setidaknya sudah ada 255 UMKM di seluruh Indonesia yang berpartisipasi. Masing-masingnya menawarkan pengalaman otentik yang mencerminkan kekayaan budaya lokal sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi komunitasnya.
 
Untuk wisatawan, tiket.com menghadirkan tiket Green, fitur yang menampilkan akomodasi ramah lingkungan, dari hotel hemat energi hingga eco-lodge. Sejak diluncurkan pada 2024, jumlah propertinya naik dua kali lipat, dari 1.000 menjadi 2.500 di Indonesia dan Asia Tenggara.
 
“Lewat tiket Green, kami memudahkan wisatawan menyesuaikan perjalanan dengan nilai yang mereka pegang,” ujar Gaery. “Ini soal memberi pengakuan bagi bisnis yang berkomitmen pada keberlanjutan sekaligus memberi keyakinan kepada wisatawan bahwa pilihan mereka benar- benar berarti.”
 
Ke depan, tiket.com percaya transformasi pariwisata menjadi kekuatan positif yang memerlukan upaya kolaborasi. Menurut Gaery, transformasi pariwisata memerlukan kerja bersama. “Kami tidak bisa mengubah lanskap pariwisata sendirian. Diperlukan kolaborasi, visi bersama, serta aksi kolektif,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(PRI)

MOST SEARCH