KULINER

Resep Telur Gulung, Jajanan Kaki Lima yang Disukai Ronaldinho

Mia Vale
Rabu 29 Juni 2022 / 07:05
Jakarta: Ronaldo Assis de Moreira atau lebih dikenal dengan Ronaldinho adalah pemain sepak bola berkebangsaan Brasil. Kemarin ia sempat membuat geger jagat maya Indonesia karena hadirnya ia atas undangan Raffi Ahmad dan layaknya kebanyakan orang asing, kuliner menjadi salah satu yang menarik untuk disajikan.

Salah satu yang ia sukai adalah telur gulung. Jajanan kaki lima ini adalah variasi dari telur goreng yang di mana sebuah telur akan digoreng dan kemudian digulung menggunakan sebuah tusukan yang biasanya di buat dari kayu pohon bambu.

Makanan ini sering dihidangkan dan dijual di beberapa sekolah, terutama di tingkat sekolah dasar. Namun, seorang legenda sepak bola Ronaldinho, secara nyata menyukainya. "Very good, nice," katanya sambil memakan telur gulung di depan Raffi dalam YouTube resmi Rans Entertainment.

Ah, daripada berlama-lama kita buat sendiri yuk menu yang disukai oleh Ronaldinho ini. Resep ini dinukil dari Dapur Santi via Cookpad. Cus! dicoba di rumah ya.
 

Bahan telur gulung:


3 butir telur ayam
100 ml air
1 sendok makan tepung tapioka/sagu
Garam secukupnya 
Penyedap secukupnya
Bihun secukupnya
Tusukan satai secukupnya
 

Cara membuat telur gulung:


1. Rendam bihun pakai air biasa (bukan air panas) hingga bihun mengembang, kemudian tiriskan di atas tisu agar tidak lembap
2. Campur telur, air ,garam, kocok rata
3. Panaskan minyak (agak banyak), tunggu hingga minyak benar-benar panas
4. Ambil secukupnya bihun, masukkan ke minyak panas sebentar, langsung digulung dengan tusuk satai, padatkan di pinggiran wajan
5. Tuang telur (agak tinggi, agar telur tidak menggumpal)
6. Kemudian gulung-gulung dengan bihun tadi, padatkan di pinggiran wajan agar tidak menyerap minyak juga. Sajikan


Simak cara buat dari YouTube Dapur Kadeena




(TIN)

MOST SEARCH