KULINER

Cara Mudah Membuat One-pan Pasta dengan Saus Tomat

Sunnaholomi Halakrispen
Sabtu 17 Oktober 2020 / 16:09
Jakarta: Siapa yang tak suka makan pasta? Olahan mie khas Italia ini bisa kamu dapatkan di restoran kecil hingga yang mewah. Tetapi, kamu juga bisa membuatnya sendiri dan tak kalah nikmat dengan olahan restoran terkenal.

Salah satunya, menu one-pan pasta dengan saus tomat. Waktu membuatnya pun terbilang sebentar, yakni sekitar 30 menit untuk 4-6 porsi. Berikut cara membuatnya, dikutip dari The Detroit News.

Bahan:


- 450 gram pasta Angel Hair (rambut malaikat)
- 3 sendok makan minyak zaitun
- 1 bawang bombay kecil, dipotong dadu halus
- 2 siung bawang putih besar, dicincang
- Garam dan lada hitam
- 1 botol (680 gram) marinara atau saus tomat lainnya
- 2 ½ cangkir kaldu ayam atau sayuran atau jus tomat
- Keju parmesan parut, untuk penyajian

Cara membuat:

1. Ambil seikat kecil pasta rambut malaikat, pegang di atas mangkuk besar, dan pecah menjadi potongan berukuran 3 cm. Ulangi dengan sisa mie.

2. Panaskan 2 sendok makan minyak dalam wajan besar dan dalam dengan api sedang-besar. Tambahkan mie pecah dan masak, aduk, sampai sangrai coklat keemasan, 3 sampai 4 menit. Tuang kembali ke dalam mangkuk. Lalu, bersihkan wajan jika ada sisa-sisa wajan dan kembali ke api sedang.

3. Tambahkan sisa minyak makan dan bawang bombay dan bawang putih. Bumbui dengan garam dan lada, lalu masak sambil diaduk sampai bawang bombay berwarna cokelat keemasan.

4. Tambahkan saus marinara dan masak hingga mendidih. Aduk sesekali, sampai cairan encer menguap dan saus sedikit mengental. Tambahkan mie panggang dan kaldu, aduk rata agar tercampur. Terus aduk hingga saus kembali mendidih, lalu oleskan secara merata (mie harus terendam).

5. Kecilkan api agar mendidih terus dan masak sampai mie empuk, 8 sampai 10 menit. Kamu akan mendengar suara dan mie di atasnya akan mulai menggulung. Angkat dari api dan bumbui dengan garam dan merica. Sajikan dengan keju parmesan jika kamu menyukainya.

Variasi:

Pasta Udang: Sebelum memanggang mie, bumbui 12 udang kupas besar dengan garam dan merica. Masak dengan 1 sendok makan minyak zaitun dengan api besar, sekitar 1 menit per sisi. Pindahkan ke piring. Lanjutkan dengan resep melalui langkah ke-3, lalu taruh udang di atas mie pada awal langkah ke-5.

Pasta Sayuran: Aduk 2 cangkir sayuran yang dipotong dadu halus atau diiris tipis, seperti jamur, paprika, seledri atau wortel dengan bawang bombay dan bawang putih.

Pasta Keju: Setelah mie selesai dimasak, taburi bagian atasnya dengan parutan mozzarella secara merata. Aduk sampai menggelembung dan berwarna kecokelatan.
(YDH)

MOST SEARCH