End Google Analytics -->
KULINER

Kawasan Priangan Punya Kuliner Legendaris yang Terkenal, yang Mana Makanan Favoritmu?

Medcom
Rabu 04 Januari 2023 / 13:46
Jakarta: Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai keanekaragaman nilai, tradisi, dan budaya. Jawa Barat juga menjadi salah satu destinasi wisata untuk berlibur.

Selain itu provinsi ini juga memiliki keanekaragaman kuliner yang tak lepas dari dinamis masyarakat Melayu Betawi, Priangan, atau Kacirebonan.

Khusus kawasan Priangan atau Parahyangan memiliki beberapa jenis kuliner yang sangat familiar di masyarakat. Bahkan beberapa di antaranya menjadi kuliner favorit anak muda.

Penasaran ada apa saja? Berikut ini Medcom.id telah merangkum 5 makanan khas kawasan Priangan/Parahyangan yang terkenal dilansir dari Kadisparbud Jabar:
 

1. Sate Maranggi (Purwakarta)


Sate Maranggi terdiri dari potongan daging dan lemak sapi yang dipotong dadu dengan bumbu beraroma kuat serta cita rasa pedas. Yang menjadi pembeda, sate ini biasa dilengkapi dengan sambal tomat, sambal oncom, atau ketan bakar.
 

2. Dodol dan wajik (Garut)


Cemilan kenyal dan manis sering menjadi buruan masyarakat untuk membawakan oleh-oleh keluarga di rumah. Dodol dibuat dengan bahan dasar tepung ketan dan gula merah, sedangkan wajik menggunakan beras ketan asli.
 

3. Batagor (Bandung)


Siapa yang bisa menolak makanan satu ini? Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng, yang mana makanan ini disajikan dengan isian tahu, kulit pangsit berisi baso/aci dengan bumbu kacang yang gurih.
 

4. Nasi tutug oncom (Tasikmalaya)


Kuliner khas Tasikmalaya ini menjadi salah satu makanan favorit di berbagai rumah makan. Seperti namanya, makanan ini merupakan paduan nasi dan oncom yang sudah diolah. Tutug oncom biasa disantap dengan lauk-lauk nikmat seperti ayam, telur dadar, dan lalapan.
 

5. Surabi (Bandung)


Tadinya surabi hanya kuliner tradisional yang berbahan dasar tepung beras dibalur kuah gula merah. Namun, kini surabi telah diinovasi menjadi lebih kekinian. Ada surabi duren, surabi nangka, cokelat, oncom, dan masih banyak lagi. Makanya surabi ini sering menjadi dessert di cafe-cafe atau hotel.

Nandhita Nur Fadjriah
(FIR)

MOST SEARCH