KULINER

Kuliner Desa Wisata Tipang, Mulai dari Naniura hingga Kripik Diva

A. Firdaus
Jumat 19 November 2021 / 16:17
Humbang Hasundutan: Desa Wisata Tipang yang ada di Sumatera Utara bukan hanya kaya dengan pesona alamnya yang indah. Desa wisata yang merupakan rintisan ini juga memiliki ragam potensi kuliner.

Desa Wisata Tipang dilengkapi dengan kuliner khas Batak. Salah satunya ada Naniura, kuliner seperti sashimi. Daging ikan segar dilumuri dengan bumbu rempah-rempah dan utte jungga (asam Batak).

Awalnya, bahan dasar Naniura adalah ikan endemik Danau Toba yang dinamakan Ihan. Namun, karena Ihan Batak semakin sulit ditemukan, sehingga masyarakat menggantikannya dengan ikan jenis lain, seperti ikan mas, mujair atau gabus.

Produk ekonomi kreatif Desa Wisata Tipang juga memiliki keunggulan. Semisal, produk UMKM kopi, keripik diva, serta beras merah yang merupakan beras merah kualitas terbaik di Sumatra Utara.

Sementara terdapat juga produk kriya. Mulai anyaman dari daun pandan yang dibuat menjadi tikar, keranjang, dan lain-lain.

“Saya lihat ini potensinya luar biasa dan mudah-mudahan ini mampu menjadi penggerak lokomotif ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” harap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam kesempatan itu, Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor mengucapkan terima kasih karena Menparekraf berkenan hadir di Desa Wisata Tipang, Humbang Hasundutan.

“Seperti yang kita lihat, kearifan lokal Desa Tipang sangat kuat, dari yang tulen Batak sampai yang sudah modern ada semua. Dan Desa Wisata Tipang ini sebetulnya seperti miniatur Ubud, Bali, sangat indah dengan teraseringnya. Semoga dengan kehadiran Pak Menteri bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.
(FIR)

MOST SEARCH