INTERIOR

5 Fakta Tanaman Monstera yang Sering Muncul di Instagram

Kumara Anggita
Rabu 07 Oktober 2020 / 14:25
Jakarta: Monstera adalah salah satu jenis tanaman yang kerap dijadikan dekorasi di dalam rumah. Tanaman ini jadi makin terkenal setelah dipakai oleh para selebrgam untuk menjadi dekorasi saat membuat konten di instagram mereka.

Tak hanya cantik, tanaman ini juga ternyata memiliki fakta-fakta menarik yang perlu kamu ketahui, diantaranya:  

1. Monstera memiliki buah

Dikutip dari House Racoon, monstera yang hidup liar di hutan memiliki buah yang banyak. Rasanya seperti kombinasi stroberi, markisa, mangga, dan nanas. Dan, itu sangat lezat.

2. Lubang pada daun monstera memiliki fungsi

Hutan hujan tropis adalah habitat alami Monstera. Dengan mengembangkan lubang di daunnya, daun Monstera yang besar lebih cocok untuk menahan hujan lebat dan angin yang lewat. 

3. Daun monstera tidak dapat membuat lubang ekstra

Daun Monstera tidak dapat membuat lubang ekstra. Semua celah sudah ada saat tanaman pertama kali menghasilkan dedaunan dan lubang itu hanya akan semakin membesar. Alasan daun tampaknya punya lubang ekstra adalah karena tanaman yang lebih tua dan lebih sehat membuat daun dengan lebih banyak lubang dan daun yang lebih tua dengan lubang yang lebih sedikit cenderung mati setelah beberapa waktu.


(Rasa buah monstera seperti kombinasi stroberi, markisa, mangga, dan nanas. Foto: Dok. Houseraccoon.com)

4. Monstera memiliki otot

Di balik daun monstera yang indah, kamu bisa melihat tanaman ini seperti punya otot yang disebut dengan geniculum. Ini adalah persimpangan antara helai daun dan tangkai daun. 

Geniculum ini berfungsi untuk mengarahkan daunnya ke matahari. Sangat berguna jika kamu perlu memindahkan monstera ke tempat lain.

5. Monstera Deliciosa cukup langka menjadi tanaman biasa

Monstera Deliciosa baru dijelaskan pada tahun 1840 oleh ahli botani Denmark Liebmann ketika dia menemukan spesies tersebut di Meksiko. Bisa jadi karena anakan dari biji hanya tumbuh sangat lambat dan mati di alam liar jika tidak menemukan pohon sebelum mencapai panjang 20 cm. 

Alasan mengapa tanaman ini sangat populer sebagai tanaman hias adalah karena tanaman ini tumbuh sangat cepat setelah dipotong, tetapi tanaman ini tidak mengambil potongan dari dirinya sendiri di alam liar!
(yyy)

MOST SEARCH