INTERIOR

Mudah Banget! Rawat Tanaman Cuma dari Bahan Dapur

Raka Lestari
Selasa 02 November 2021 / 15:27
Jakarta: Pada masa pandemi ini, banyak orang yang menyukai hobi bertanam. Akan tetapi, masih banyak yang menganggap bahwa merawat tanaman menjadi hal yang rumit.

Padahal, dalam merawat tanaman ternyata kita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Dan berikut ini adalah bahan-bahan dari dapur yang bisa sangat bermanfaat bagi tanaman:
 

1. Teh dan kopi


Bubuk kopi merupakan tambahan yang bagus untuk kompos, sehingga kamu bisa menambahkannya langsung ke pupuk kompos. Selain kopi, daun teh bekas juga bisa berguna bagi tanaman hias kesayanganmu.

Selain itu, jika kamu memiliki kopi atau teh yang sudah tidak diminum, bisa menyiramkannya ke tanaman hiasmu. Namun perlu diingat kopi atau teh yang digunakan belum dicampurkan tambahan apapun seperti gula, susu, atau krimer.
 

2. Cangkang telur


Cangkang telur ayam kaya akan kalsium, yang dibutuhkan tanaman untuk memperkuat struktur sel tanaman. Tanaman hias juga membutuhkan sejumlah kecil zat besi, fosfor, dan magnesium yang sangat penting untuk pertumbuhan yang sehat.

Namun, kulit telur dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk terurai dan melepaskan nutrisi ke tanaman. Sehingga kamu perlu menghancurkannya terlebih dahulu sebelum digunakan.
 

3. Kulit pisang


Beberapa mitos menyebutkan bahwa kulit pisang adalah solusi untuk setiap masalah tanaman, seperti mengatasi kutu daun dan membersihkan debu dari tanaman. Beberapa penelitian ilmiah telah menemukan bahwa kulitnya dapat membuat pupuk alami yang efektif.

Namun jika kamu menggunakan kulit pisang untuk tanaman hiasmu, jangan lupa bahwa lalat buah mungkin akan datang mengganggu.
 

4. Kulit jeruk


Kulit jeruk mungkin tidak cocok untuk ditambahkan pada pupuk kompos, tetapi kulit jeruk bisa digunakan untuk menjauhkan tanaman hias kesayanganmu dari hewan-hewan pengganggu lainnya.

Potong kulit jeruk menjadi potongan-potongan kecil sekitar satu inch. Sebarkan di permukaan tanah untuk mencegah anjing dan kucing merusak tanaman kesayanganmu. Kulit jeruk yang segar neniliki efek cukup besar, sehingga tidak perlu khawatir menggunakannya pada tanaman hias.
(FIR)

MOST SEARCH