INTERIOR

Tips Membangun Dapur Nyaman agar Digunakan Lebih Aman

Medcom
Jumat 18 November 2022 / 18:15
Jakarta: Keterbatasan area rumah, dengan berbagai aktivitas yang dilakukan di dalamnya membuat penggunaan area rumah yang kian fleksibel mutlak diperlukan. Saat ini dapur bukan hanya sekadar tempat memasak saja, namun sudah beralih banyak fungsi seperti tempat eksplorasi, bekerja, hingga berkumpul bersama keluarga.

Sebagai chef dan creator yang bekerja di dapur, William Gozali yang akrab dipanggil Chef Willgoz mengatakan, area dapur bukan hanya berfungsi sebagai tempat mengolah masakan, tapi juga area kerja dan mencari inspirasi.

"Bagi saya pribadi, tak jarang, dalam satu waktu saya juga kerap mengolah beberapa jenis makan sekaligus," ujar Willgoz.

Berikut ini ada tips untuk kamu membangun dapur yang nyaman agar bisa dipergunakan dengan aman:
 

1. Fleksibel


Ini mungkin tidak terlihat banyak untuk dikerjakan, tetapi kamu bisa menerapkan konsep fleksibilitas pada dapur tanpa mengorbankan integritasnya. Country Director Beko Indonesia, Ali Cagri Gonculer menjelaskan, menjadikan area dapur kian fleksibel dan kaya manfaat, dapat dimungkinkan bukan hanya dengan penataan area yang tepat, tapi juga memilih perangkat dapur dengan cermat.
 

2. Pilih peralatan yang aman


Berbicara tentang dapur, tentu tak lepas dari kehadiran kompor sebagai perangkat perapian, juga peralatan seperti oven, kulkas, airfryer, dan lainnya. Tentu kita ingin dapur bebas dari gangguan dan permasalahan yang bisa menimbulkan bahaya. Pemilihan peralatan dapur yang aman sangat diutamakan, selain dari kualitas, pilihlah alat dapur yang child-free.
 

3. Ventilasi luas


Fungsi utama dapur adalah tempat memasak, yang mana banyak sekali asap dari masakan yang kita buat. Oleh karena itu ventilasi yang luas atau banyak dibutuhkan agar sirkulasi udara tetap aman.

Jika dapurmu memiliki ventilasi yang kecil, kamu bisa menggunakan cooker hood atau kamu juga bisa menggunakan kompor induksi dari Beko yang sudah memiliki fitur terintegrasi; penghisap asap.
 

4. Multifungsi


Kita semua tahu, memasak akan memakan waktu yang lebih lama dari pada kita membeli makanan dari luar. Peralatan dapur yang multifungsi bisa mempermudah kita dan mengurasi durasi waktu pada saat masak. Contohnya, pilihlah oven built in yang memiliki fitur split & cook, yaitu membagi oven menjadi dua bagian untuk memanggang masakan berbeda.
 

5. Menjaga kebersihan


Sudah pasti dapur yang nyaman adalah dapur yang bersih. Menjaga kebersihan saat dan sesudah memasak merupakan hal utama. Agar makananmu tetap aman dan higienis maka memasaklah dengan menjaga kebersihannya dan rapikan dapur ketika sudah selesai.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH