GADGET TALK

Amazfit GTS 3 Sehebat Apa? Ini yang Perlu Kamu Tahu

A. Firdaus
Rabu 12 Januari 2022 / 20:41
Jakarta: Amazfit pada awal November 2021 lalu secara resmi mengeluarkan smartwatch terbaru mereka, GT 3 Series. Rangkaian GT 3 Series di antaranya, GTR 3 Pro, GTR 3, dan GTS 3. Dan, Gaya.id berkesempatan menjajal seri GTS 3.

Lalu bagaimana pengalaman kami menjajal smartwatch ini selama beberapa waktu belakangan ini? Berikut ulasannya:
 

Desain: Menarik, nyaman dipandang, dan fashionable


Soal desain, banyak yang bilang smartwatch ini mirip dengan Apple Watch Series. Kesamaannya, dua produk ini berbentuk kotak.

Tapi menurut kami, smartwatch ini memiliki perbedaan dan keunggulan tersendiri. Salah sarunya di strap atau talinya. GTS 3 lebih fokus memiliki strap mirip dengan jam-jam klasik pada umumnya.

Di GTS 3 ini hanya ada satu tombol yang bisa ditekan dan diputar untuk mengatur dan melihat pilihan fitur. Kemudian ada sensasi getarnya, jika sedang scroll.


Desain yang nyaman dan tampilan wajah jam yang fashionable dari Amazfit GTS 3, membangkitkan kepercayaan dirimu saat berjumpa dengan teman atau rekan kerja. (Foto: A. Firdaus)

Keunggulannya, GTS 3 ini cukup ringan dipakai, karena hanya memiliki berat 24,4 gram. Lebih ringan dibandingkan dengan dua seri GT 3, yaitu GTR 3 dan GTR 3 Pro. Sehingga kami lebih nyaman memakainya, walau sedang mengetik di laptop atau melakukan aktivitas lainnya.

Untuk layar, Amazfit GTS 3 menggunakan panel Ultra HD AMOLED. Jam tangan pintar ini berukuran 1,75 inci dengan rasio layar ke bodi 72,4 persen. Bisa dikatakan cukup luas, sehingga begitu enak untuk dipandang.

Pada awal penggunaan, layar sempat lambat merespons usapan tangan kami. Mungkin penyesuaian lantaran baru dinyalakan. Namun setelah berkali-kali dan terbiasa menggunakannya, hasilnya cukup responsif ketika di-scroll.
 

Fitur: Sangat perhatian, mulai dari tingkat stres hingga siklus menstruasi


Pertama kali menggunakan smartwatch ini, menurut kami bisa dikatakan jam tangan ini sangat perhatian. Terutama untuk urusan kesehatan.

Bagaimana tidak, smartwatch Amazfit GTS 3 memiliki puluhan fitur, baik itu terkait tampilan jam pada umumnya, maupun fitur kesehatan, serta olahraga.

Sebut saja terkait fitur detak jantung, yang bisa kamu pantau setiap saat. Kamu juga enggak perlu menunggu lama melihat rata-rata detak jantung, karena kurang dari 30 detik, hasil detakan jantungmu sudah keluar.


Kamu bisa mengetahui langkah berjalan. (Foto: A. Firdaus)

Selain itu, Amazfit GTS 3 didukung sensor BioTracker PPG 3.0 dengan enam fotodiode, memungkinkan melacak kesehatanmu secara bersamaan. Fitur One-Tap Measuring di GTS 3, membuatmu memperoleh data bukan hanya detak jantung, melainkan kadar oksigen, level stress, dan rate pernapasan. Dengan demikian, kamu enggak perlu mengukurnya secara terpisah.

Kamu juga bisa melihat VO2 Max, yang merupakan acuan pada jumlah oksigen yang dikonsumsi tubuh selama latihan intensitas maksimum. Biasanya fitur ini digunakan untuk para atlet sebagai indikator penting kapasitas aerobik tubuh mereka.

Selain itu ada juga fitur PAI atau Personal Activity Intelligence, merupakan penilaian kesehatan untuk mengetahui berapa banyak aktivitas yang kamu butuhkan untuk tetap sehat, atau mencapai atau mempertahankan pribadi terbaik. Fitur ini juga sudah ada di Amazfit generasi sebelumnya.

Yang tak kalah menariknya adalah, kamu juga bisa melihat siklus menstruasimu. Tentunya bagi kamu kaum hawa yang benar-benar sangat kesulitan mengetahui atau kebingungan, kapan kamu didatangi tamu bulanan.

Kesehatanmu juga diperhatikan oleh Amazfit saat kamu tertidur. Di situ kamu akan melihat kualitas tidurmu. Bahkan, tak sungkan GTS 3 ini juga bisa memberikan beberapa saran agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Sementara untuk fitur olahraga, ada 150 aktivitas olahraga yang bisa kamu pantau dari jam tangan ini. Mulai dari lari di alam terbuka hingga yoga.

Pada kesempatan ini, kami mencoba menggunakan fitur bersepeda. Hasilnya, keakuratannya diacungi jempol. Karena, data yang disajikan selain informatif, juga lengkap.


Mendapatkan Informasi yang lengkap dan akurat usai bersepeda, menambah motivasi berolahragamu. (Foto: A. Firdaus)

Satu lagi yang menarik adalah, fitur e-sports, di mana kamu bisa memantau kesehatanmu, ketika bermain game online. Mulai dari detak jantung, tingkat stres, hingga kalori yang terbakar.

Semua aktivitas olahraga dan kesehatanmu juga bisa dipantau dari smartphone. Syaratnya, kamu menginstal aplikasi Zepp, yang merupakan aplikasi pendukung Amazfit GT 3 Series. Di aplikasi ini, kamu juga bisa mengganti watch faces dengan lebih dari ratusan pilihan. Dari yang klasik, hingga animasi.

Jika ingin mengaplikasikannya, pastikan smartphone dan smartwatch-mu terhubung dengan memindai scan QR terlebih dahulu di aplikasi Zepp. Jangan lupa menyalakan bluetooth smartphone-mu.

Baterai: Tahan lama dan cepat mengisinya


Sebagai jam tangan pintar yang sangat perhatian, daya tahan baterai GTS 3 memiliki ketahanan yang sama dengan GTR 3 Pro, yaitu hingga 12 hari. Jelas saja, karena kapasitas daya baterai GTS 3 250 mAh.

Nah, untuk kamu yang menerima pesan whatsApp tapi enggak sempat buka hape karena mungkin lagi di jalan, kamu bisa melihatnya di smartwatch ini. Untuk mengaktifkannya, temukan profil, lalu pilih notifications and reminders, dan tekan app alerts. Setelah itu kamu pilih lagi app alerts dan manage app yang mau ditampilkan di notifikasi.

Untuk mendapatkan keragaman fitur yang disajikan oleh Amazfit GTS 3, dibanderol dengan harga Rp2.399.000. Smartwatch ini, menurut kami sangat cocok untuk menyokong gaya hidup sehatmu dalam menjalani tahun yang baru.
(FIR)

MOST SEARCH