GADGET TALK

Eatmarna, Aplikasi untuk Pesan Tempat Sholat di Dua Masjid Suci

Yuni Yuli Yanti
Kamis 15 Oktober 2020 / 13:31
Jakarta: Setelah menetapkan peraturan pendaftaran umrah melalui aplikasi Eatmarna, kini Pemerintah Arab Saudi menambah fitur agar jamaah bisa memesan tempat sholat di dua masjid suci.

Hal tersebut diumumkan Wakil Menteri Haji dan Umrah dan pengawas aplikasi, Abdulrahman Shams.

"Izin baru termasuk satu untuk sholat di Masjidil Haram, satu (untuk) sholat di Kamar Suci Nabi di Masjid Nabawi, dan satu untuk menyapa Nabi," katanya dilansir dari Arab News. 

Shams menyebutkan bahwa aplikasi yang awalnya hanya berisi izin umroh, akan menambah izin baru secara bertahap. Aplikasi Eatmarna sendiri sudah dirilis sejak September lalu atau menjelang pembukaan kembali ibadah umrah secara bertahap.


(Aplikasi Eatmarna sendiri sudah dirilis sejak September 2020. Foto: Dok. Xpressriyadh.com)

Aplikasi yang tersedia di smartphone (Android dan melalui App Store) ini bertujuan untuk memungkinkan jamaah merencanakan umrah mereka selama pandemi covid-19.

Kunjungan dan sholat di masjid suci direncanakan sesuai dengan kapasitas yang tersedia yang telah disetujui oleh pihak berwenang. Hal tersebut untuk memastikan tersedianya suasana spiritual yang aman serta mengikuti tindakan pencegahan penyebaran virus.

Pembukaan umrah tahap pertama sendiri akan mengizinkan warga negara dan ekspatriat dari dalam negeri Arab Saudi dengan kapasitas 30 persen mulai 4 Oktober. Ini setara dengan 6.000 jamaah per hari.
(yyy)

MOST SEARCH