End Google Analytics -->
GADGET TALK

Sejarah Harbolnas dan Tips untuk Penjual & Pembeli

Medcom
Selasa 29 November 2022 / 17:26
Jakarta: Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia yang gemar berbelanja di e-commerce. Perayaan Harbolnas setiap 12 Desember dan dengan mengusung tagline 12.12 kerap menawarkan beragam diskon menarik

Biasanya, e-commerce berlomba untuk memberikan penawaran terbaik kepada penggunanya demi meningkatkan keuntungan. Berbagai cara dilakukan e-commerce untuk mempromosikan Harbolnas, mulai dari endorsement, billboard, hingga iklan di sosial media. 

Sejarah Harbolnas


Harbolnas atau Hari Belanja Nasional bertujuan untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai belanja daring atau online. Kehadiran Harbolnas diharapkan membuat pengguna dapat mengunjungi platform online tersebut dan meningkatkan awareness budaya online. 

Harbolnas diadakan pertama kali di Indonesia pada 12 Desember 2012. Harborlnas pertama melibatkan enam e-commerce yang beroperasi di Indonesia. Keenam e-commerce tersebut ialah Zalora, Lazada Indonesia, Berrybenka, Bukalapak, PinkEmma, Blanja.

Keenam e-commerce tersebut berada dibawah naungan Asosiasi e-Commerce Indonesia (IdeA). IdeA ada saat itu melihat tidak banyak masyarakat yang menggunakan platform digital untuk berbelanja. 

Harbolnas merupakan adaptasi dari Cyber Monday, promosi yang mengadakan diskon besar-besaran yang dilakukan sehari setelah Thanksgiving Day di Amerika, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang.

Cyber Monday sendiri terinspirasi dari Black Friday, dilaksanakan pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day. Pada perayaan Black Friday toko buka lebih lama dan menawarkan diskon cuci gudang untuk menarik minat pembeli. Disebut sebagai Black Friday karena pada hari itu neraca pembukuan berubah dari warna merah (rugi), menjadi hitam (untung).
 
Baca: E-Commerce Bantu Dukung Kemajuan UMKM dan Mitra Lokal

Ada pula Single’s Day atau Double 11, atau dikenal Bachelor’s Day atau Hari Jomblo, yang menjadi hari belanja online terbesar di Cina setiap 11 November.

Saat ini Harbolnas tidak hanya dilaksanakan setiap tanggal 12 Desember, tetapi juga pada setiap tanggal tertentu setiap bulannya. Misalnya pada bulan September, Harbolnas jatuh pada tanggal 9, ajang seperti ini dikenal sebagai diskon tanggal kembar. 
 

Tips Harbolnas untuk Pembeli


Harbolnas dapat Sobat Medcom manfaatkan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan dengan harga yang lebih murah. Sekadar 'cuci mata' kadang-kadang bisa membuat Sobat bisa kalap karena penjual dan platform e-commerce kerap memberi tawaran menarik.

Berikut tips bagi Sobat sebagai pembeli agar tak salah langkah:
 

1. Menentukan anggaran


Saat Harbolnas, e-commerce berlomba-lomba untuk memberikan berbagai macam tawaran menarik kepada pelanggan. Banyak sekali diskon, voucher, cashback, hingga gratis ongkir yang ditawarkan. Meskipun begitu, jangan sampai berbelanja berlebihan dan menghamburkan uang. 
 

2. Bandingkan harga


Sebelum membeli sesuatu, coba bandingkan harga dengan toko lain yang menjual barang serupa. Terkadang beberapa toko menampilkan etalase barang yang sedang diskon namun harganya masih lebih mahal jika dibandingkan dengan toko lain. 
 

3. Jangan menggunakan paylater berlebihan


Sebelum membeli sesuatu perhatikan bagaimana cara membayar barang tersebut. Jangan terlalu mengandalkan pembayaran paylater atau kredit, karena dapat membuat diri Anda menjadi konsumtif. 
 

4. Buat wishlist di aplikasi 


Masukkan wishlist Anda ke dalam aplikasi belanja, karena saat Harbolnas Anda bisa mendapat potongan harga. 
 

5. Teliti deskripsi produk


Sebelum membeli sesuatu, pastikan untuk membaca dan memahami descriptions yang ada di bawah etalase produk. Jangan sampai Anda merasa tertipu karena belum membaca descriptions produk. 
 
Baca: Harbolnas 2021, Transaksi Produk Lokal Tembus Rp8,5 Triliun
 

Tips Harbolnas untuk penjual


Harbolnas merupakan momentum untuk mencari cuan sebanyak-banyaknya bagi penjual yang menarik. Tapi, penjual juga harus menyusun strategi
 

1. Buat penawaran menarik


Manfaatkan momen Harbolnas untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa membuat penawaran dengan menggabungkan beberapa produk dan dijual perpaket. Jangan lupa untuk memberikan harga khusus yang lebih hemat. 
 

2. Berikan bonus menarik


Anda bisa memberikan bonus menarik kepada pelanggan dengan syarat minimal pembelian. Strategi seperti ini akan membuat penjualan menjadi lebih untung, dan pembeli juga akan merasa diuntungkan karena mendapatkan bonus. 
 

3. Manfaatkan iklan di sosial media


Saat ini hampir semua orang menggunakan sosial media, Anda bisa memanfaatkan ini dengan menggunakan iklan di sosial media untuk mempromosikan produk Anda. Berikan gambar dan tawaran yang eyecatching untuk menarik pelanggan. (Tamara Pramesti Adha Cahyani) 
(SUR)

MOST SEARCH