FITNESS & HEALTH

Ini Roti Terbaik untuk Menurunkan Gula Darah

Raka Lestari
Jumat 15 April 2022 / 09:11
Jakarta: Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol bisa mengarah pada berbagai macam penyakit. Salah satunya diabetes ataupun kondisi pra diabetes.

Agar kandungan gula darah tetap terjaga, penting bagi kamu memilih makanan sehari-hari. Termasuk dalam memilih roti, yang bagi sebagian besar orang menjadi makanan pokok.

Menurut Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di Go Wellness, roti terbaik untuk menurunkan gula darahmu adalah roti yang terbuat dari 100 persen gandum utuh. Karena tinggi serat dan masih memiliki nutrisi utuh.

"Dalam hal menghindari lonjakan gula darah, serat adalah teman terbaik untukmu. Serat membantu memperlambat penyerapan gula, yang akan membantu meningkatkan bakteri usus, dan dapat membantu agar merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu tidak akan mengemil berlebihan sepanjang hari," kata D'Angelo.
 

Roti gandum utuh dan gula darah


Jika kamu sedang ingin menurunkan atau mengelola gula darah, akan sangat membantu untuk membatasi konsumsi karbohidrat olahan. Misalnya adalah kurangi konsumsi makanan yang dipanggang ataupun roti tawar,

Saat mengonsumsi karbohidrat olahan dalam jumlah yang lebih banyak, tubuh akan dengan cepat memecahnya menjadi glukosa. Glukosa tersebut akan memasuki darah dan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Hal ini dapat menimbulkan masalah bagi mereka yang menderita diabetes atau pra diabetes karena tubuh mereka berjuang untuk memproduksi insulin dengan benar, dan insulin inilah yang membantu menyerap glukosa dari aliran darah.

Untungnya, biji-bijian berserat tinggi seperti gandum dan barley benar-benar dapat membantu meningkatkan kadar glukosa darah. Sebab serat tidak diserap oleh tubuh dan juga tidak membuat lonjakan gula darah.

Membeli roti gandum yang kaya akan bahan berserat ini dan rendah gula olahan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengelola gula darah dalam tubuh agar tidak mengalami lonjakan.
(FIR)

MOST SEARCH