FITNESS & HEALTH

Peran Penting Wellness Clinic yang Komprehensif untuk Sport Enthusiasts

A. Firdaus
Selasa 13 September 2022 / 12:05
Jakarta: Tren berolahraga pada saat ini sudah menjadi gaya hidup. Sebab, berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan sehat.

Belakangan muncul istilah sport enthusiasts, yaitu mereka yang punya antuasiasme tinggi untuk berolahraga dengan memiliki parameter seperti pace berlari, power, bikefitting, atau ukuran sepeda.

Hal ini tentunya merambah terhadap dunia usaha dan bisnis yang bergerak di bidang kesehatan. Namun bedanya, tren ini bukan cenderung untuk memfasilitasi mereka yang sakit, tetapi justru mereka yang sehat yang memiliki keingintahuan dan kesadaran lebih untuk meningkatkan performance olahraga mereka.

Kebutuhan masyarakat untuk mengerti tentang cara berolahraga yang tepat dan mendapatkan guidance dari para pakar secara komprehensif sangatlah penting, apalagi bagi mereka yang mengalami kondisi khusus seperti cedera atau penyakit lainnya.

Salah satu wellnes clinic komperhensif yang ada di Indonesia adalah Welspro. Brand anyar dari sebuah wellness clinic yang bergerak di bidang Sport Performance and Injury Management, yang baru diluncurkan pada akhir pekan lalu.

Kehadiran Welspro demi memberikan edukasi dan kesadaran masyarakat terhadap cedera saat berolahraga. Sebab edukasi tersebut masih belum merata diketahui masyarakat sehingga tidak sedikit para pencinta olahraga yang mulai bergiat melakukannya lagi harus menanggung risikonya.
 
"Di Indonesia kita tidak punya data orang cedera karena olahraga, namun sebagai contoh di Amerika itu setiap tahun ada ribuan kasus baru bagi pelaku olahraga yang mengalami cedera di ligamen, terutama pada bagian lutut mereka," ujar dr. Agus Choirul Anab saat peluncuran Welspro di PIK 2.

Wellness clinic ini memiliki health evaluation and management hingga performance enhancement. Dilakukannya pun secara kolaboratif dengan melibatkan dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (SpKO), Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR), Orthopedi dan Traumatologi (SpOT), Gizi Klinis (SpGK), fisioterapi dan spesific coach sesuai dengan cabang olahragannya.

Sehingga, perkembangan kondisi klien atau pasien terpantau secara komprehensif, dan klien terbantu sejak penanganan cedera hingga dapat kembali ke performa olahraga terbaiknya.

Sementara untuk pemeriksaan yang diberikan juga didukung sejumlah piranti dengan teknologi canggih seperti Huber, Motion Analysis, footscan analysis, Cardiopulmonary Exercise Test (CPET), Virtual Games, Isokinetics, Body Composition dan lain sebagainya sehingga hasil pemeriksaan dan juga tindakan yang dilakukan mendapatkan hasil yang akurat.
(FIR)

MOST SEARCH