FITNESS & HEALTH

5 Tips Mencegah Gula Darah agar Tidak Naik, Terutama saat Pagi Hari

Raka Lestari
Rabu 15 Desember 2021 / 18:29
Jakarta: Lonjakan gula darah biasanya terjadi ketika gula darah naik dan kemudian turun secara tajam setelah makan. Dalam jangka pendek, hal tersebut dapat menyebabkan kelesuan dan rasa lapar.

Seiring dengan berjalannya waktu, tubuhmu mungkin tidak dapat menurunkan gula darah secara efektif, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah cara untuk mencegah agar gula darah tidak tinggi:
 

1. Pilih makanan rendah karbohidrat


Karbohidrat dapat menyebabkan kenaikan gula darah. Ketika kamu mengonsumsi karbohidrat, mereka akan dihancurkan menjadi gula sederhana. Gula tersebut kemudian akan masuk ke dalam aliran darah.

Saat kadar gula darah naik, pankreas melepaskan hormon yang disebut insulin. Sehingga mendorong sel untuk menyerap gula dari darah dan menyebabkan kadar gula darah turun.
 

2. Mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat olahan


Contoh dari karbohidrat olahan adalah gula atau biji-bijian olahan. Beberapa sumber karbohidrat olahan yang cukup sering ditemukan adalah gula putih, roti tawar, nasi putih, soda, permen, sereal, dan makanan penutup.

Karbohidrat olahan dikatakan memiliki indeks glikemik tinggi. Sebab sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh, sehingga menyebabkan lonjakan gula darah.
 

3. Kurangi asupan gula


Tubuh akan memecah gula sederhana ini dengan sangat mudah, menyebabkan lonjakan gula darah yang hampir seketika. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi gula dikaitkan dengan pengembangan resistensi insulin. Hal ini terjadi ketika sel gagal merespons sebagaimana mestinya terhadap pelepasan insulin, mengakibatkan tubuh tidak dapat mengontrol gula darah secara efektif.
 

4. Menjaga berat badan ideal


Kelebihan berat badan atau obesitas dapat membuat tubuh lebih sulit menggunakan insulin dan mengontrol kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi. Di sisi lain, penurunan berat badan telah terbukti meningkatkan kontrol gula darah.
 

5. Lebih banyak berolahraga


Olahraga membantu mengontrol lonjakan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas sel terhadap hormon insulin. Olahraga juga menyebabkan sel otot menyerap gula dari darah, membantu menurunkan kadar gula darah. Baik olahraga intensitas tinggi maupun intensitas sedang terbukti dapat mengurangi lonjakan gula darah.
(FIR)

MOST SEARCH