FITNESS & HEALTH

Kenali Tanda dan Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak Melalui Warna Urine

Elang Riki Yanuar
Sabtu 19 November 2022 / 13:52
Jakarta: Masalah gagal ginjal akut pada anak-anak belakangan ini menjadi masalah yang membuat orangtua khawatir. Setelah ditelusuri, penyebab terjadinya gagal ginjal akut misterius ini mengarah kepada keracunan bahan pelarut obat sirup.

Kandungan Ethylene Glycol, Diethylene Glycol, Ethylene Glycol Butyl Ether yang berbahaya ditemukan pada sejumlah obat sirop yang kini sudah ditarik peredarannya. Melihat banyaknya kekhawatiran para orang tua, MRCCC Siloam Hospitals Semanggi mengadakan edukasi bertajuk "Kenali Gejala dan Penanganan Gagal Ginjal Akut Pada Anak".

Dokter Spesialis Anak dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr. Rizqi A Wicaksana Sp.A., mengatakan bahwa dalam mengenali gejala gagal ginjal pada anak adalah produksi urine kurang dari 1 mililiter per kilogram berat badan per jam selama 6 jam dan tentunya keluhan penyerta seperti demam, muntah, dan tidak nafsu makan.

"Jika ditemukan salah satu dari gejala tersebut segera periksakan kepada faskes atau rumah sakit yang bisa melakukan pemeriksaan darah sederhana, seperti ureum, kreatinin dan urinalisis," jelas dr. Rizqi A Wicaksana Sp.A.

Pencegahan

Konsumsi air putih turut membantu menurunkan risiko gagal ginjal akut. Urine yang baik adalah yang berwarna kuning jernih. Jika ditemukan urine berwarna lain atau berwarna merah darah menunjukan pertanda bahwa ada masalah pada kesehatan tubuh.

Pada anak, Laju Filtrasi Glomerulus (LFG) sering menjadi indikator utama dalam memantau fungsi ginjal. Selain, itu, menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu kunci mencegah gagal ginjal akut.

"Melalui cuci tangan secara berkelanjutan, istirahat yang cukup dan konsumsi makanan sehat, bersih dan bergizi. Perhatikan pula produksi urin anak, dan menggunakan resep dokter yang terpercaya dari apotik resmi atau di rumah sakit," paparnya.




 
(ELG)

MOST SEARCH