End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Hindari Cedera saat Naik Sepeda dengan Perhatikan Posisi Tubuh

Medcom
Sabtu 14 Januari 2023 / 13:11
Jakarta: Apakah kamu pernah mengalami badan terasa pegal-pegal atau bahkan sakit saat atau selepas bersepeda? Ternyata, hal tersebut mungkin nyatanya jika salah dalam menerapkan posisi tubuh yang baik dan benar.

Menurut Country Manager Brompton Bicycle Indonesia, Kevin Wijaya, seseorang bisa terasa pegal atau sakit karena menggunakan sepeda dengan cara yang salah. Bukan karena bentuk sepeda atau melakukan aktivitas bersepeda, namun, ada posisi yang salah atau tidak pemanasan sama sekali.

Agar tubuhmu tetap dalam posisi saat bersepeda, kamu harus memperhatikan beberapa hal, seperti tinggi sadel sejajar dengan pinggul. Hal ini berpengaruh terhadap posisi lutut yang tidak terlalu menekuk nantinya saat sedang menggoes pedal.

“Jadi disarankan bahwa ketika sedang didudukin memang agak sedikit jinjit, tapi ketika gowes lututnya tidak terlalu tertekuk. Berasa kok nanti. Kalau kakinya terlalu menekuk pas lagi gowes, itu pasti gampang pegal,” imbuhnya.

Selain perihal tinggi sadel dan lutut, kamu perlu menyesuaikan handlebar sepeda (gagang sepeda) dengan tinggi badanmu. Kevin berikan tips untuk mengetahui handlebar yang cocok untuk kamu.

Jika kamu merupakan orang dengan tubuh tinggi, disarankan menggunakan high handlebar. Begitupun jika kamu merupakan orang yang tidak begitu tinggi. Kamu disarankan untuk memilih sepeda dengan tinggi handlebar medium dan juga high. Saran ini digunakan agar posisi tubuh tidak terlalu ke depan dan membuat cedera karena tertekuk.

“Tapi kembali lagi pada pilihan. Kalau misalnya (badan) tidak terlalu tinggi tapi suka sporty, karena kan ada proses aerodinamika di mana kalau posisi badan maju ke depan kita merobek angin, sehingga kita bisa lebih laju. Tapi tetap disarankan kalau untuk santai, medium atau high akan lebih baik,” pungkasnya.

Aulia Putriningtias
(FIR)

MOST SEARCH