FITNESS & HEALTH

Wow! Ini 6 Manfaat Kesehatan dari Tidur Siang

Raka Lestari
Kamis 16 September 2021 / 07:19
Jakarta: Tidur siang bukan hanya untuk bayi atau anak-anak saja. Studi menunjukkan bahwa tidur siang juga bisa sangat bermanfaat untuk orang dewasa.

Tidur siang singkat dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan kinerja, meningkatkan mood, membuat tubuh menjadi lebih waspada, dan mengurangi stres. Dilansir dari WebMD, berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat tidur siang:
 

1. Meningkatkan kemampuan daya ingat


Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang dapat membantu otak untuk mengingat hal-hal yang dipelajari di awal hari. Tidur siang juga berfungsi untuk mencegah kita melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal juga.
 

2. Meningkatkan suasana hati


Jika kamu merasa murung atau sedih, cobalah tidur siang untuk membangkitkan semangat. Tidur siang, atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat mencerahkan pikiranmu. Para ahli juga mengatakan bahwa relaksasi yang datang dari berbaring dan istirahat bisa menjadi mood booster, entah itu kamu tidur atau tidak.
 

3. Meredakan stres


Jika kamu sedang berada di bawah banyak tekanan, cobalah untuk tidur siang sebentar. Tidur siang dapat melepaskan stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para ahli percaya bahwa tidur siang selama 30 menit dapat membantu meredakan stres.
 

4. Baik untuk kesehatan jantung


Tidur siang bahkan dapat membantu kesehatan jantung. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah melalui tekanan mental. Jadi tidur siang dapat membantu tubuh untuk pulih dari situasi yang penuh tekanan.
 

5. Membuatmu lebih kreatif


Fase tidur Rapid Eye Movement (REM), yang biasanya dimulai 70 hingga 90 menit setelah kita tertidur, mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan citra dan mimpi. Tidur siang yang sudah masuk pada fase REM ini dapat membantu tubuh agar lebih kreatif, misalnya mencari solusi untuk permasalahan yang dialami.
 

6. Membuat tidur lebih nyenyak saat malam hari


Meskipun mungkin tampak tidak logis, tidur siang di siang hari dapat membantu orang dewasa yang lebih tua meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Studi menunjukkan tidur siang selama 30 menit antara jam 1 siang dan jam 3 sore dikombinasikan dengan olahraga ringan, seperti jalan-jalan dan peregangan di malam hari, membantu meningkatkan kualitas tidur malam hari. Kesehatan mental dan fisik juga bisa menjadi lebih baik.
(FIR)

MOST SEARCH