FITNESS & HEALTH

Kenapa Sih Wanita Lebih Cengeng Daripada Pria? Ini 4 Alasannya

Medcom
Jumat 30 September 2022 / 11:10
Jakarta: Normalnya, setiap manusia akan mengalami emosi yang bisa membuatnya mengeluarkan air mata. Terlebih para wanita. Mereka jauh lebih sering menangis dibandingkan dengan pria.

Saat mengalami rasa sedih, marah, ataupun bahagia wanita akan lebih cepat memproses emosinya secara mendalam. Begitupun hukum alam, wanita cenderung jauh lebih menggunakan hati dan perasaan ketimbang pria yang biasanya hanya menggunakan pikiran.

Alasan ilmiah apa sih yang membuat wanita lebih cengeng? Berikut 4 alasannya:
 

1. Lebih banyak prolaktin


Sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa wanita memiliki 60 persen lebih banyak prolaktin, yaitu hormon reproduksi yang merangsang produksi susu pada wanita setelah melahirkan; daripada rata-rata pria. Air mata emosional sangat mengandung prolaktin tinggi, yang bisa menjelaskan mengapa wanita lebih sering menangis daripada pria.
 

2. Perasaan lebih dominan


Seperti penjelasan di atas, wanita cenderung lebih menggunakan perasaannya daripada pikiran. Dalam buku yang ditulis oleh Vingerhoets, psikolog klinis di Tilburg University mengatakan bahwa, wanita menangis 30 hingga 64 kali setahun, sedangkan pria hanya menangis 6 hingga 17 kali setahun. Hasil ini juga menunjukkan bahwa perasaan adalah faktor yang berkontribusi.
 

3. Saluran air mata lebih pendek


Faktor lain yang menyebabkan wanita mudah menangis adalah perbedaan kondisi biologis pria. Ada beberapa penelitian selama bertahun-tahun yang menunjukkan bahwa pria memiliki saluran air mata yang lebih besar di mata mereka, sehingga kecil kemungkinan air mata mengalir dari kelopak mata ke pipi.
 

4. Perbedaan hormon


Hormon wanita berbeda dengan pria, dimana hormon tertentu dapat mendorongnya untuk menangis lebih mudah. Hal yang sama juga dijelaskan oleh Lauren Bylsma, seorang profesor psikiatri di University of Pittsburgh yang telah mempelajari tentang tangisan.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH