FITNESS & HEALTH

Tips Cegah Dehidrasi saat Musim Dingin

Yuni Yuli Yanti
Jumat 26 November 2021 / 10:00
Jakarta: Meski keringat lebih sedikit di musim dingin, faktanya tubuh kita tetap bisa kehilangan kelembapan. Oleh karena itu, pastikan kamu mencukupi asupan air karena meski cuaca dingin kamu pun bisa mengalami dehidrasi bahkan saat suhu rendah.  

Perlu diketahui, rata-rata seseorang membutuhkan 3,7 liter atau sedikit di atas itu atau 125 ons air setiap hari untuk tetap terhidrasi. Meskipun kebutuhan asupan air dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi hal yang sama juga tergantung pada beberapa faktor termasuk tingkat aktivitas dan lingkungan tempat tinggal seseorang.

Bala Krishna Reddy Dabbedi, ahli kebugaran menyebutkan ada lima cara mudah agar tubuhmu tetap terhidrasi selama musim dingin, yaitu:
 

1. Atur pengingat

Cara ini dapat membantumu tetap terhidrasi tentunya, terutama untuk mereka yang sangat pelupa dan kurang biasa minum air putih.
 

2. Perbanyak konsumsi buah

Saat musim dingin kamu dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung cairan seperti jeruk, semangka, nanas, brokoli, dan persik. 


(Pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayur dalam sehari ya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Buat sup lezat

Makan sup buatan sendiri yang dibuat khusus dengan sayuran dan rempah musiman dapat meningkatkan asupan air.
 

4. Hindari alkohol

Membatasi konsumsi alkohol juga dapat membantu karena kandungan dalam alkohol dapat menyebabkan dehidrasi.


(Sup labu hangat memang sangat cocok dinikmati saat musim dingin. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Aktivitas dan kebutuhan air

Penting juga untuk mengukur antara kebutuhan air dengan tingkat aktivitas sehari-hari. Misalnya, jika kamu melakukan latihan intensitas tinggi maka kamu lebih membutuhkan banyak air daripada orang yang melakukan aktivitas lebih sedikit.
 

6. Wajib minum air sebelum haus

Haus adalah indikator dehidrasi yang buruk. Tubuh menunjukkan tanda-tanda haus hanya ketika seseorang telah mencapai tingkat dehidrasi yang tinggi di dalam tubuh, oleh karena itu penting untuk terus minum air sepanjang hari tanpa harus merasa haus. 
(yyy)

MOST SEARCH