FITNESS & HEALTH

Cara Mengobati Memar

Mia Vale
Minggu 07 Agustus 2022 / 12:00
Jakarta: Memar berwarna ungu terjadi saat darah bocor ke lapisan atas kulit disebut ecchymosis. Contoh memar ini antara lain mata hitam, atau "shiner." Dan hampir semua orang pernah mengalaminya.

Memar terjadi saat cedera membuat pembuluh darah kecil di bawah kulit luka dan berdarah. Kulit tidak mengalami luka sehingga darah tidak mengalir keluar.

Gumpalan darah ini kemudian membentuk gumpalan yang mengubah warna kulit di bagian yang cedera. Tekanan atau pukulan keras cenderung menyebabkan memar yang lebih besar. Bagian kulit yang memar sering terasa lebih lembut dan nyeri.
 

Jenis memar


Seperti disebutkan sebelumnya, memar berwarna ungu disebut ecchymosis. Contoh memar ini antara lain mata hitam atau "shiner." Hematoma terjadi ketika darah beku membentuk benjolan di bawah kulit.

Area ini biasanya bengkak dan terasa sakit, contohnya adalah benjol atau telur angsa. Hematoma tidak sama dengan perdarahan atau hemorrhage yakni perdarahan di dalam atau di luar tubuh.
 

Berbagai warna memar


Saat memar mulai sembuh, zat kaya zat besi dalam darah-hemoglobin terurai menjadi senyawa lain. Proses mengubah warna memar menjadi:
 
- Setelah cedera memar berwarna merah
- Dalam 1-2 hari berubah keunguan, hitam atau biru
- Dalam 5-10 hari memar akan berubah warna menjadi hijau atau kuning
- Dalam 10-14 hari warnanya berubah menjadi kuning, kekuningan atau coklat muda. Memar akan hilang setelah dua minggu



(Dilansir dari Alodokter, pijat atau urut pada memar yang baru terjadi sangat tidak dianjurkan karena justru berisiko menimbulkan perdarahan ulang dan memar semakin luas. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Perawatan saat memar


1. Kompres dingin membantu mengurangi pembengkakan dan mengecilkan area hitam dan biru. Es memperlambat aliran darah ke daerah memar sehingga lebih sedikit darah yang mengalir ke jaringan di bawah kulit.
 
Saat memar terjadi, bungkus es dengan handuk atau plastik dan letakkan di area memar selama 15-20 menit. Lepas selama 30 menit lalu kompres ulang.
 
2. Istirahatkan anggota tubuh yang terluka di atas jantung jika memungkinkan. Saat tulang kering cedera, jaga agar tulang tegak untuk mencegah aliran darah ke kaki, mengurangi bengkak dan memar meluas.
 
Setelah dua hari, gunakan bantal pemanas atau kain hangat untuk menghangatkan area tersebut. Gunakan pereda nyeri yang dijual bebas, seperti asetaminofen atau ibuprofen jika dibutuhkan.
 

Memar tulang


Tulang terbuat dari jaringan sehingga dapat mengalami memar. Cedera saat olahraga atau kecelakaan, kondisi medis seperti radang sendi dapat membuat seseorang mengalami memar tulang.
 
Gejala-gejalanya antara lain rasa sakit, tulang terasa lunak, bengkak, dan perubahan warna yang lebih menyakitkan dan lebih lama. Perawatannya sama, yakni beristirahat, kompres es, angkat bagian yang sakit lebih tinggi, dan minum penghilang rasa sakit.
 

Perawatan medis


Memar membutuhkan perawatan medis jika terdapat hal-hal berikut:
 
- Keseleo atau patah tulang mungkin penyebab memar
- Bengkak dan area memar terus meluas setelah hari pertama
- Memar membuat lengan dan kaki makin bengkak atau kencang
- Memar tidak menghilang setelah beberapa minggu atau muncul lagi tanpa alasan
- Terjadi di sekitar mata sehingga kesulitan melihat atau melihat ke arah berbeda
- Memar terjadi akibat pukulan di kepala, tubuh atau perut

(TIN)

MOST SEARCH