FITNESS & HEALTH

Coba 5 Obat Rumahan Alami untuk Hilangkan Bau Badan

Mia Vale
Minggu 17 April 2022 / 14:00
Jakarta: Bau badan merupakan masalah umum yang berekmbang pada orang-orang segala usia. Berkeringat, pubertas, diet pedas dan penyakit kronis seperti diabetes, gangguan tiroid adalah penyebab paling umum dari bau badan. 

Terkadang, orang mengembangkan kondisi yang dikenal sebagai hiperhidrosis, yang membuat mereka sering berkeringat dan dalam jumlah ekstrem, yang juga bisa memicu bau badan.

Perku diketahui, meski paling menonjol di ketiak, bau badan juga bisa timbul dari kaki, daerah kemaluan, bahkan kulit kepala yang berkeringat. Bau badan dipicu ketika bakteri yang berada di permukaan kulit memecah protein dalam keringat, menjadi beberapa senyawa asam yang berbeda. 

Untungnya, dengan menggunakan bahan dapur yang mudah didapat di rumah, kamu bisa kok mengurangi bau badan secara signifikan. Tips ini telah kami kutip dari laman Net Meds untuk kamu.
 

Garam kasar 


Garam batu atau garam kasar memiliki sifat pembersihan yang kuat, yang menghilangkan kelebihan keringat dan memengaruhi aksi mikroba yang tinggal di permukaan kulit. Cukup tambahkan beberapa kristal garam batu ke dalam bak atau ember berisi air hangat, aduk rata sampai larut sepenuhnya dan mandi santai, untuk mengendalikan keringat dan bau badan. 


cara menghilangkan bau badan
(Teh hijau juga mengandung polifenol yang dapat mengurangi keringat berlebih yang bisa menjadi pemicu timbulnya bau badan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

Kantung teh hijau 


Terkenal karena potensi antioksidan dan detoksifikasinya, kantong teh hijau bermanfaat untuk mengobati ketiak yang bau atau kaki yang bau. Celupkan beberapa kantong teh ke dalam air hangat dan setelah benar-benar basah, tekan daerah ketiak dan kaki masing-masing selama lima menit dan bilas. Ini bisa untuk mengatur kelenjar keringat. 
 

Bubuk soda kue 


Sifat basa intrinsik yang dimiliki, bisa menyeimbangkan keasaman dalam keringat yang diproses oleh bakteri, untuk mengurangi bau tidak sedap dari tubuh. Siapkan pasta dengan baking soda dan air, oleskan langsung pada ketiak, untuk menurunkan kadar air dan tengik sekresi kelenjar keringat. 
 

Cuka sari apel 


Diresapi dengan asam asetat dalam jumlah yang cukup, cuka sari apel memiliki karakteristik asam yang melekat, yang menghancurkan mikroba beracun dalam tubuh. Celupkan beberapa bola kapas ke dalam cuka sari apel encer dan oleskan pada ketiak, kaki, dan bagian tubuh lainnya, untuk membasmi bakteri yang memicu bau busuk.
 

Jus tomat 


Tomat terkenal dengan fitur astringen dan antioksidan yang signifikan. Ini bisa membantu menghilangkan sekresi kelenjar keringat berlebih, serta bakteri permukaan tubuh. 

Celupkan kain ke dalam jus tomat dan oleskan pada ketiak, kaki, dan bagian tubuh lainnya yang berbau tidak sedap, untuk menutup pori-pori pada kulit dan menekan produksi keringat berlebih. Bagaimana, mudah didapat kan bahan-bahannya? Jadi, selamat mencoba dan bye-bye bau badan!

(TIN)

MOST SEARCH