FITNESS & HEALTH

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Ikan, Salah Satunya Mengobati Depresi

Kumara Anggita
Selasa 22 Juni 2021 / 09:15
Jakarta: Untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar, kamu perlu untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi seperti ikan. Makanan yang satu ini mengandung protein dan vitamin D, asam lemak omega-3, dan masih banyak lagi.

Zat-zat tersebut membuat ikan bermanfaat untuk menyehatkan bagian-bagian tubuh. Dikutip dari Healthline, ada beberapa manfaat kesehatan dari ikan yang perlu kamu ketahui seperti:
 

1. Meningkatkan kesehatan otak


Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak ikan memiliki tingkat penurunan mental yang lebih lambat. Studi juga mengungkapkan bahwa orang yang makan ikan setiap minggu memiliki lebih banyak materi abu-abu, yang merupakan jaringan fungsional utama otakmu. Ini terjadi di bagian otak yang mengatur emosi dan memori.
 

2. Membantu mencegah dan mengobati depresi


Depresi adalah kondisi mental yang ditandai dengan suasana hati yang  buruk, kesedihan, penurunan energi, dan kehilangan minat dalam hidup dan aktivitas. Meskipun tidak dibahas sebanyak penyakit jantung atau obesitas, depresi saat ini merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia.

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang makan ikan secara teratur jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi. Banyak uji coba terkontrol juga mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dapat melawan depresi dan secara signifikan meningkatkan efektivitas obat antidepresan.
 

3. Mencegah asma pada anak-anak


Asma merupakan penyakit umum yang ditandai dengan peradangan kronis pada saluran udara. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko asma 24% lebih rendah pada anak-anak, tetapi tidak ada efek signifikan yang ditemukan pada orang dewasa.
 

4. Melindungi penglihatan di hari tua


Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah penyebab utama gangguan penglihatan dan kebutaan yang sebagian besar menyerang orang dewasa yang lebih tua. Beberapa bukti menunjukkan bahwa ikan dan asam lemak omega-3 dapat melindungimu dari penyakit ini.

Dalam satu penelitian, asupan ikan secara teratur dikaitkan dengan risiko AMD 42% lebih rendah pada perempuan. Karena itu, konsumsi ikan teratur memiliki manfaat baik untuk penglihatan jangka panjang.
(FIR)

MOST SEARCH